Hagia Sophia

14 January 2024

Diduga Terkontaminasi Bakteri, Produk Granola Bar dan Sereal Ditarik dari Pasar

Ilustrasi sereal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/beats3)

Quaker Oats Company di Amerika Serikat menarik dua lusin jenis granola bar, sereal, dan makanan ringan pasca ditemukan kemungkinan kontaminasi bakteri Salmonella. Perusahaan tersebut mulai menarik produk secara berkala sejak Kamis lalu.

Detail produk yang ditarik mencakup Quaker Chewy Granola Bars and Cereals, Cap'n Crunch Bars dan sereal pilihan, Gamesa Marias Cereal, Gatorade Peanut Butter Chocolate Protein Bars, Munchies Munch Mix dan kotak makanan ringan yang berisi produk-produk tersebut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menerima setidaknya 24 laporan efek samping terkait dengan produk yang awalnya ditarik.

"Namun, sejauh ini tidak ada penyakit yang dikonfirmasi berkaitan dengan makanan tersebut," kata juru bicara FDA AS, dikutip dari The Guardian, Sabtu (13/11/2023).

"Kejadian buruk dapat mencakup masalah medis, tetapi juga keluhan mengenai rasa atau warna produk yang tidak sesuai, kemasan yang rusak, atau masalah non-medis lain juga dilaporkan," kata pejabat tersebut.

Hingga kini, FDA masih akan terus menyelidiki laporan tersebut.

Infeksi salmonella umumnya memicu seseorang mengalami demam, diare, mual, muntah, dan sakit perut. Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi bakteri bisa berakibat fatal.

Konsumen diimbau FDA untuk memeriksa stok makanan mereka dan mencari produk apa pun yang terdaftar dalam kemungkinan kontaminasi Salmonella, hingga segera membuangnya. Perusahaan memiliki informasi tambahan dan rincian mengenai penggantian biaya atas produk yang sudah dibeli, bisa diakses langsung dalam website resmi mereka.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "AS Tarik Produk Granola Bar-Sereal Berisiko Salmonella, Ini Daftarnya"