Hagia Sophia

14 January 2024

Waspadai Efek Samping Bila Konsumsi Vit D3 Secara Berlebihan

Ilustrasi suplemen dan vitamin. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Ramai postingan netizen soal konsumsi vitamin D3 5000 IU kaya manfaat bila dikonsumsi setiap hari. Sejumlah orang bahkan mengklaim efeknya bisa membuat tidur nyenyak, tidak mudah flu, sampai tubuh tak gampang lelah.

Di luar banyak klaim yang diutarakan, pakar farmasi Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati menyebut vitamin D3 atau cholecalciferol memang menjadi suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi lantaran membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan. Namun, tetap ada batasannya.

"Tubuh membutuhkan kedua asupan tersebut untuk membangun sekaligus menjadi kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga terlibat dalam pemeliharaan sistem imun," ujarnya saat dihubungi Sabtu (13/1/2024).

Menurut Prof Zullies kebutuhan mengonsumsi vitamin D3 sebaiknya disesuaikan. Masyarakat harus memperhatikan setiap dosis yang disarankan dalam sehari sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam suplemen terkait.

Secara umum, dalam satu hari dosis harian vitamin D3 adalah 600 IU pada wanita maupun pria. Sementara di kelompok usia lanjut rata-rata dianjurkan 20 mikrogram atau sama seperti 800 IU.

Vitamin D3 tidak selalu bisa didapatkan dari suplemen, makanan-makanan berikut juga bisa mencukupi kebutuhan dosis harian vitamin D3, seperti:
  • Hati sapi
  • Kuning telur
  • Keju
  • Yoghurt
  • Minyak ikan kod
  • ikan salmon.
"Juga dengan bantuan sinar matahari dan suplemen," beber Prof Zullies.

Bila kondisinya mengharuskan seseorang untuk melawan suatu penyakit, dosis penggunaan lebih tinggi biasanya direkomendasikan dokter. Intinya, tidak sembarang orang bisa mengonsumsi vitamin D3 dengan dosis tinggi.

Penggunaan vitamin D3 secara berlebihan justru berisiko memicu gangguan. Mengacu aturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI), khusus vitamin D3 5000 IU bahkan sudah dikategorikan obat keras, ditandai dengan lingkaran merah pada bagian depan kemasan. Artinya, penggunaannya memerlukan resep dokter.

Dosis 5000 IU biasanya dikonsumsi untuk menaikkan kadar vitamin D pada pasien yang kekurangan vitamin D.

Jika mengonsumsi vitamin D3 secara berlebihan, dapat menimbulkan efek samping sepertI, mual, konstipasi, hilangnya nafsu makan, mudah haus, hingga mudah berubah suasana hati.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ramai Anjuran Konsumsi Vitamin D3 5000 IU Tiap Hari, Profesor Farmasi Buka Suara"