Hagia Sophia

14 January 2024

Ini Dampaknya Bila Konsumsi Vitamin D3 5000 IU Secara Berlebihan

Ilustrasi vitamin. (Foto: Getty Images/iStockphoto/VacharapongW)

Belakangan viral saran mengonsumsi vitamin D3 5000 IU setiap hari. Konon, khasiatnya bisa meredakan nyeri punggung belakang, membuat rambut tumbuh lebih kuat dan lebat, hingga tidak mudah lelah dan terserang flu.

Menurut pakar farmasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Zullies Ikawati, mengonsumsi vitamin D3 5000 IU sebetulnya boleh-boleh saja, tetapi perlu diperhatikan kandungan dosis pemakaian sesuai ketentuan dalam kemasan. Masyarakat juga perlu mendapatkan resep dokter, lantaran dalam kemasan tertera logo K berwarna merah yang artinya obat keras.

Vitamin D3 5000 IU digunakan untuk menaikkan kadar vitamin D pada pasien yang kekurangan vitamin D.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, Prof Zullies mewanti-wanti risiko yang mungkin muncul seperti berikut:
  • Mual
  • Konstipasi
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mudah haus
  • Perubahan suasana hati
Alih-alih mengonsumsi vitamin D3 secara berlebihan, kandungan tersebut biasanya umum didapatkan pada makanan sehari-hari. Misalnya, kuning telur, keju, yoghurt, sampai hati sapi.

Vitamin D3 juga kerap didapat dari sinar matahari. "Tubuh membutuhkan asupan tersebut untuk membangun sekaligus menjadi kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga terlibat dalam pemeliharaan sistem imun," ujarnya saat dihubungi Sabtu (13/1/2024).

Pemakaian vitamin D3 5000 IU yang tidak sesuai dengan indikasi juga bisa memicu hiperkalsemia dan hiperkalsiuria.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Boleh Sembarangan, Ini Efek Asal Konsumsi Vitamin D3 5000 IU"