Hagia Sophia

14 January 2024

Tips untuk Keringkan Sepatu Basah Karena Kehujanan

Tak disarankan mengeringkan sepatu basah kehujanan di belakang kulkas, apalagi di dalam kulkas (Foto: Getty Images/goir)

Sepatu yang basah akibat kecipratan air hujan atau genangan becek di jalanan bisa bikin kaki bau. Pada beberapa kasus, kondisi tersebut dibarengi keluhan lain berupa kaki gatal-gatal, berjamur, hingga lecet dan iritasi.

Seorang owner jasa layanan cuci sepatu Kamar Mandi Shoes and Treatment, Tri Tamtomo (28), menjelaskan bahwa utamanya, kunci untuk mencegah jamur di bagian dalam sepatu setelah kehujanan adalah dengan langsung mengeringkannya. Namun agar tak malah merusak sepatu atau bau sulit hilang, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan ketika hendak mengeringkan sepatu pasca kehujanan.

Menurut Tomo, jamur dan bakteri yang bersarang dalam sepatu ini bukan hanya berisiko menimbulkan bau tak sedap pada kaki, melainkan juga bisa memicu gangguan kesehatan kulit kaki. Terutama, pada orang-orang yang memakai sepatu basah dalam waktu lama seperti orang-orang kantoran yang sepatunya terus dikenakan pagi sampai sore hari.

"Cara mengeringkannya, paling gampang di rumah diangin-anginkan saja. Even cuma ditaruh saja begitu sebenarnya nggak apa-apa dibandingkan dijemur langsung di bawah sinar matahari atau di-hairdryer secara langsung itu cepat merusak bagian sepatu. Hairdryer juga merusak kalau secara terus-menerus dan lama," ujarnya saat ditemui detikcom di Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (11/1/2024).

Sepatu basah karena kehujanan bisa menyebabkan bau kaki dan gatal-gatal. Begini cara membersihkan sepatu agar tidak bau dan berjamur. Foto: Chelsea Olivia Daffa

Ditaruh di Belakang Kulkas, Recommended Nggak?

Beberapa orang percaya, sepatu basah pasca kehujanan yang diletakkan di belakang kulkas atau blower AC akan kering. Namun sebenarnya, efektifkah cara ini mencegah bakteri dan jamur tumbuh di bagian dalam sepatu?

Tomo meluruskan, cara tersebut sebenarnya bisa-bisa saja mengeringkan sepatu secara cepat. Namun ia mengingatkan, dengan cara tersebut, bau tak sedap dari dalam sepatu tak akan hilang sepenuhnya, melainkan hanya hilang sementara.

"Bisa. Tapi kebanyakan gampang lembabnya adalah saat sepatu belum kering banget. Sepatu dipaksa untuk kering banget, padahal bagian dalamnya nggak kena sama hawa panas belakang kulkas, itu yang bisa menyebabkan bakteri-bakteri tadi. Jadi bahan nggak kering sama basah kan jadinya lembab, apek," pungkas Tomo.

Dihubungi secara terpisah, seorang praktisi cuci sepatu lainnya yakni Dimas menjelaskan bahwa sepatu yang basah total sebaiknya dibilas lebih dulu menggunakan air matang hangat, agar pasir dan lumpur yang menempel bisa luntur. Selanjutnya, keringkan sepatu menggunakan lap microfiber secara perlahan sampai ke bagian dalam sepatu, dan masukkan sepatu ke dalam mesin pengering elektrik sepatu selama kurang lebih 1 sampai 2 jam.

"Jika sepatu hanya dalam kondisi lembab, sebaiknya hanya di tap tap menggunakan tissue sampai si sepatu benar benar kering dan diangin anginkan menggunakan kipas angin selama semalaman," tuturnya.

Menanggapi banyaknya orang yang percaya bahwa panas dari microwave bisa mengeringkan sepatu secara cepat, Dimas meluruskan, cara tersebut sebenarnya tak disarankan. Pasalnya, suhu yang terlalu tinggi dapat merusak material sepatu, serta membuat lem pada sepatu mudah mengelupas.

Senada, salah seorang praktisi perawatan sepatu yakni Angga (26) yang sudah mengerjakan jasa cuci sepatu sejak 2017 menjelaskan bahwa pada kebanyakan kasus, bau pada sepatu ditimbulkan oleh bakteri yang masuk ke pori-pori material sepatu melalui percikan becek. Bakteri tersebut umumnya masuk saat pengguna sepatu menginjak air hujan yang menggenang.

"Cara mengurangi terjadinya bau adalah tidak membiarkan bakteri bermalam di sepatu, dengan cara langsung mengeringkan sepatu menggunakan handuk atau tisu dengan teknik menekan material agar air meresap (bukan menggosok), setelah itu angin-anginkan sepatu di depan kipas angin sampai pagi dengan posisi tali terbuka," tuturnya kepada detikcom.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Suka Mengeringkan Sepatu di Belakang Kulkas? Coba Cara Ini, Lebih Praktis dan Aman"