Hagia Sophia

14 January 2024

Rajin Minum Obat Tapi Tensi Tidak Kunjung Turun? Ini Kata Dokter

Foto ilustrasi: Dok. Shutterstock

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyakit yang mengkhawatirkan. Kondisi ini seringkali tidak menunjukkan gejala atau tanda tertentu.

Maka dari itu, pasien hipertensi diwajibkan mengkonsumsi obat untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil. Jika sudah mengkonsumsi obat dan tekanan darah tidak membaik, apa yang harus dilakukan?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari Primaya Evasari Hospital, dr Anna Puteri Gozali, SpPD, ada beberapa faktor yang menyebabkan tekanan darah tidak turun, meski sudah minum obat. Faktor tersebut yakni:
  • Dosis obat yang tidak tepat
  • Tidak teratur minum obat
  • Gangguan ginjal
  • Kurang olahraga
  • Pola diet yang tidak sehat
"Salah satu diet yang dianjurkan untuk pasien hipertensi adalah DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension)," kata dr Anna pada detikcom, Jumat (12/1/2023).

"Namun, untuk melakukan diet ini ada beberapa prinsip yang harus diterapkan, agar bisa membantu tekanan darah pasien kembali terkendali," sambungnya.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, diet DASH merupakan pola makan sehat yang terbukti membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Ini didasari prinsip-prinsip makan sehat yang juga mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Diet ini membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Dalam menjalani ini, seseorang hanya menerapkan pola makan yang sangat bermanfaat.

Penelitian menunjukkan DASH diet dapat menurunkan tekanan darah sistolik 6-11 mmHg dan tekanan darah diastolik 3-6 mmHg. Selama menjalani diet ini, dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran, dikombinasikan dengan makanan rendah lemak susu, daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Bagi pasien hipertensi, diet ini dianjurkan untuk dilakukan sepanjang tahun. Aturan frekuensi makan tetap tiga kali sehari, dengan porsi makanan mencakup 2.000 kalori per hari.

Berikut cara yang bisa dicoba untuk melakukan DASH diet:
  • Whole grains atau gandum utuh, 6 sampai 8 sajian per hari
  • Ganti nasi putih dengan nasi beras merah
  • Bila ingin makan pasta, pilih pasta dari gandum utuh
  • Ganti roti tawar dengan roti gandum tanpa menambahkan keju, coklat, atau mentega
  • Sayuran dan buah-buahan, dianjurkan 4-5 sajian per hari



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata Dokter soal Penyebab Tensi Tak Turun Walau Rutin Minum Obat"