Hagia Sophia

16 January 2024

Ini Planet Terbesar di Jagat Raya

Foto: Illustration: NASA, CSA, ESA, J. Olmsted (STScI), Science: N. Madhusudhan (Cambridge University)

Ada begitu banyak planet di alam semesta ini, dengan berbagai ukuran. Lantas, apa planet terbesar yang diketahui sejauh ini?

Sebelum tahun 1992, ketika exoplanet pertama ditemukan, planet raksasa gas Jupiter yang berukuran sekitar 11 kali lebar Bumi, menyandang gelar planet terbesar Tetapi Jupiter tak ada apa-apanya dibandingkan dengan beberapa planet monster yang ditemukan sejak itu.

Seperti dikutip detikINET dari Live Science, terdapat dua pengukuran yang dipertimbangkan saat menentukan ukuran sebuah planet yaitu lebarnya (dua kali jari-jarinya) dan massanya.

Mengukur dengan yang pertama, exoplanet terbesar memiliki radius sekitar dua kali radius Jupiter. "Ini adalah objek ekstrem yang mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya," ujar Solene Ulmer-Moll, peneliti exoplanet di Universitas Jenewa.

Lebar planet dan massanya saling terkait, namun tak selalu ada korelasi langsung. Ini karena kepadatan planet berbeda-beda, yang berarti beberapa raksasa gas bermassa rendah dapat 'mengembang' ke ukuran lebih besar daripada exoplanet lain yang lebih berat.

Sebagai contoh, raksasa gas HAT-P-67 b, dengan radius sekitar dua kali lipat Jupiter, saat ini merupakan salah satu planet terbesar yang diketahui dalam hal lebar. Namun planet yang berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi itu kepadatannya amat rendah, sehingga hanya memiliki sekitar sepertiga dari massa Jupiter.

Wasp-17 b juga kira-kira dua kali lebih lebar dari Jupiter. Runner-up adalah KELT-9b, yang radiusnya 1,84 kali Jupiter.

Sebagian besar planet berbatu tidak pernah mendekati ukuran 'super Jupiter' seperti planet tersebut di atas. Planet berbatu terbesar, yang disebut Bumi super, berukuran sekitar dua kali lebar Bumi. "Sebagai perbandingan, Wasp-17b memiliki radius setara 22 kali Bumi," kata Ulmer-Moll.

Planet paling masif berukuran sekitar 13 kali massa Jupiter. Ini termasuk raksasa gas HD 39091 b, yang terletak 60 tahun cahaya dari Bumi, dan memiliki massa sekitar 12,3 kali massa Jupiter.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Planet Terbesar di Jagat Raya, Jupiter Jadi Kelihatan Mungil"