Hagia Sophia

16 January 2024

Penampakan Paku yang Hampir Menembus Otak, Ini Kondisi Pasiennya

Foto: Cureus Journal

Seorang pria di Malaysia berusia 30 tahun lolos dari maut setelah paku menancap di otaknya dan melukai matanya. Laporan medis melaporkan paku menembus matanya setelah paku tembak yang dia gunakan malfungsi.

"Dia menggunakan pistol paku tanpa memakai kacamata pelindung. Ketika pistol paku macet, dia memeriksanya melalui laras senapan dan secara tidak sengaja menembakkan pistol paku ke mata kirinya," tulis laporan tersebut yang dipublikasikan di jurnal Cureus.

Ajaibnya, pria tersebut tetap sadar sepanjang kejadian dan hanya mengeluh sakit kepala. Selain luka dan pembengkakan pada mata kiri, pemeriksaan primer dan sekunder tidak menunjukkan adanya cedera tambahan. Dia tidak memiliki riwayat medis, bedah, atau pemakaian obat-obatan di masa lalu.

Pasca diperiksa di Rumah Sakit Sultanah Bahiyah di Alor Setar, dokter dibuat terkejut dengan hasilnya. Pemindaian CT scan menunjukkan bahwa paku tersebut tersangkut di lobus frontal otak, bagian yang diperlukan untuk pergerakan dan bahasa.

Ia langsung diberikan suntikan tetanus, antibiotik melalui infus, dan obat anti kejang. Segera, petugas medis berhasil mencabut paku sepanjang 3,2 cm yang menancap di otaknya.

Paku tersebut berhasil menembus arteri dan saraf vitalnya, sehingga menunjukkan kecil kemungkinannya dia akan menderita kerusakan saraf jangka panjang. Dia menghabiskan lima hari dalam perawatan intensif sebelum dipulangkan dan dokter mengatakan, 'dia pulih dengan baik selama periode pasca operasi tanpa defisit neurologis.'

"Seminggu setelah operasi, pria tersebut masih belum bisa menutup matanya dengan benar dan tidak bisa melihat cahaya melalui mata kirinya," tulis tim medis.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Horor! Begini Penampakan Paku Tembus ke Otak, Dokter Ungkap Kondisi Pasien"