Hagia Sophia

16 January 2024

Pekerja Pria Ini Lolos dari Maut Usai Paku Nembus ke Mata dan Otak

Penampakan horor paku menembus mata. (Foto: Jurnal Cureus)

Seorang pekerja konstruksi secara mengejutkan lolos dari maut setelah paku berukuran 3 cm menancap ke mata dan menembus otaknya.

Laporan yang ditulis tim medis pasien di Rumah Sakit Sultanah Bahiyah Malaysia dan dipublikasikan Cureus Journal, menggambarkan bagaimana pria berusia 30 tahun itu bekerja di lokasi konstruksi, mengoperasikan pistol paku pneumatik tanpa mengenakan kacamata pengaman. Pistolnya macet dan ketika pria itu memeriksa apakah ada kerusakan pada larasnya, pistol itu secara tidak sengaja menusuk dan menembus mata kirinya.

Setibanya di rumah sakit, pria tersebut masih dalam kondisi sadar dan merespons, meskipun ia mengalami luka parah. Ada kerusakan dan perdarahan di mata kirinya, nahas dia kehilangan penglihatan di sisi itu. Namun, dokter menjelaskan masalahnya jauh melampaui apa yang dia lihat.

Hasil rontgen tengkorak kepala pria tersebut menunjukkan bahwa paku tersebut telah menembus lobus frontal otaknya, menyebabkan rongga matanya retak, dan ada bukti perdarahan yang meluas ke area otak di sekitarnya.

Pasien tersebut menjalani operasi darurat untuk mencabut paku yang ada di otaknya. Selama operasi, ahli bedah memastikan bahwa arteri utama dan saraf penciumannya lolos dari cedera.

Mereka juga mampu melakukan beberapa cara untuk memperbaiki kerusakan pada matanya, setelah itu pasien dirawat intensif selama beberapa waktu.

"Dia pulih dengan baik selama periode pasca operasi tanpa defisit neurologis," tulis tim dokter, kemudian menjelaskan bahwa dia dipulangkan setelah hanya lima hari di rumah sakit.

Meskipun ia beruntung karena tidak mengalami kerusakan otak apa pun akibat insiden tersebut, ahli bedah mengkonfirmasi bahwa penglihatan pria tersebut sayangnya belum kembali pada pemeriksaan lanjutan terakhir mereka seminggu kemudian. Tidak jelas bagaimana nasib pria tersebut setelah itu, karena ia segera kembali ke negara asalnya untuk melanjutkan perawatan di sana.

Para penulis menyimpulkan bahwa kasus ini harus menjadi peringatan tentang pentingnya prosedur keselamatan yang tepat di tempat kerja, dan menekankan perlunya pengusaha menyediakan peralatan perlindungan yang memadai untuk mencegah cedera.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngeri-ngeri Sedap, Pria Lolos dari Maut usai Paku Menembus Mata dan Otak"