Hagia Sophia

16 January 2024

Jenis Makanan Ini Bisa Membuat Umur Panjang dan Menyehatkan

Ilustrasi. Foto: Getty Images/eclipse_images

Sering mendengar kisah beberapa orang di dunia bisa hidup dengan usia mencapai lebih dari seratus tahun? Fenomena tersebut kemudian menuai pertanyaan banyak orang, sebenarnya apa yang dilakukan para 'centenarian' ini sepanjang hidupnya sampai-sampai bisa hidup sepanjang umur itu?

Sudah banyak juga yang mengetahui, bahwa 'kunci' untuk hidup sehat dan panjang umur adalah pola makan baik dan gaya hidup yang sehat. Lantas jika ingin hidup panjang umur, harus makan apa saja sehari-hari?

Seorang dokter pengobatan regeneratif, dr Neil Paulvin, mengungkapkan sejumlah jenis makanan bisa membuat seseorang hidup panjang umur. Di antaranya, adalah beri-berian seperti blueberry.

Menurutnya, buah beri-berian ini bekerja layaknya 'tameng' sehingga tubuh terlindungi dari risiko infeksi. Lantas menurutnya, kenapa beri-berian bisa sedahsyat itu meningkatkan potensi hidup panjang umur?

1. Efektif Mencegah Kerusakan di Tubuh
Dikutip dari CNBC, dr Paulvin menjelaskan, antioksidan bekerja mempertahankan sel-sel sehat, mencegah kerusakan lebih lanjut, dan membantu dalam proses perbaikan DNA. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan adalah beri-berian, yang selama ini banyak diketahui dapat meningkatkan kinerja kognitif dan fungsi pembuluh darah.

2. Cegah Penuaan Mata
Satu cangkir blueberry mengandung 16 persen dari nilai harian vitamin C, yang efektif meningkatkan kesehatan mata. Lebih lagi menurut dr Paulvin, vitamin C dapat membantu mencegah degenerasi terkait pertambahan usia dan mengurangi stres oksidatif seluler di retina, yang pada dasarnya membuat mata tidak mudah mengalami penurunan.

3. Bantu Pemulihan Otot
dr Paulvin menjelaskan, satu cangkir blueberry mengandung 24 persen dari nilai harian vitamin K, yang membantu membangun tulang dan pembekuan darah. Selain itu, vitamin C dalam buah beri juga meningkatkan penyerapan zat besi dan meningkatkan produksi kolagen, serta jaringan yang menghubungkan tulang dan otot.

4. Bikin Kerja Otak Makin 'Jos'
Sebuah penelitian terhadap lebih dari 16.000 orang menemukan bahwa blueberry dan stroberi memiliki kaitan erat dengan potensi penundaan penuaan mental hingga dua setengah tahun. Karena itulah banyak ahli meyakini, banyak mengkonsumsi buah beri-berian bisa membantu meningkatkan kecerdasan.

5. Ampuh Cegah Peradangan
Penelitian telah menunjukkan bahwa serat, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam blueberry dapat mengurangi risiko peradangan, serta faktor risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Di samping itu, blueberry memiliki efek probiotik yang meredakan peradangan usus dan membantu mencegah kanker usus besar.

6. Menurunkan Kolesterol
Karena kaya akan serat larut, blueberry diyakini efektif menghilangkan empedu di usus. Lebih lagi, konsumsi beri-berian disebut ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menekan risiko penyakit jantung.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Ungkap Makanan yang Bikin Panjang Umur, Hidup Sehat Sampai Umur Seabad"