Hagia Sophia

06 March 2024

Benarkah Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas? Ini Kata Pakar Kesehatan

Ilustrasi nanas. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ASMR)

Ibu hamil harus sangat menjaga asupan makanan sehari-hari. Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, bumil juga perlu menghindari makanan yang dapat berisiko mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Berbicara soal makanan yang harus dihindari bumil, mungkin salah satu yang langsung terlintas adalah nanas. Boleh atau tidaknya mengonsumsi buah ini saat hamil memang kerap menjadi perdebatan. Beberapa orang percaya nanas dapat menyebabkan keguguran, sementara ada juga yang berpendapat konsumsi nanas saat hamil boleh saja asalkan tidak berlebihan.

Spesialis obstetri dan ginekologi dr Niken Pudji Pangastuti, SpOG, K-FER, mengklarifikasi hal tersebut. Dia mengatakan ibu hamil memang sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi nanas.

Pasalnya, nanas mengandung zat yang dapat mengganggu kestabilan embrio dalam rahim.

"Nanas itu mengandung bromelin yang bersifat proteolitik, jadi memecah-mecah protein. Sementara dalam kandungan ibu hamil ada embrio yang tumbuh dan masih sangat rapuh," ujarnya kepada detikcom, Sabtu (2/3/2024).

"Jika dipaparkan dengan zat-zat seperti itu, khawatirnya mengganggu kestabilan embrio itu untuk menempel," sambungnya.

Karenanya, dr Niken sangat menganjurkan para bumil untuk tidak mengonsumsi nanas selama masa kehamilan.

"Kalau bisa jangan, dihindari. Walaupun tidak harus bahwa orang yang makan nanas langsung keguguran, tapi sebaiknya dihindari. Lebih baik (makan) yang aman-aman aja," tuturnya.

Selain nanas, dr Niken juga menyarankan bumil untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol. Termasuk salah satunya buah durian.

"Apapun yang mengandung alkohol. Durian, kadang-kadang durian lokal ada kandungan alkohol yang tinggi, sebaiknya dihindari. Efeknya mengganggu perkembangan bayi," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nanas, Mitos atau Fakta? Begini Kata Obgyn"