Hagia Sophia

06 March 2024

Benarkah Ayam Boiler Bisa Picu Gangguan Hormon? Ini Kata Pakar Gizi

Ilustrasi ayam broiler (Foto: Thinkstock)

Ayam broiler atau yang disebut juga ayam ras pedaging (broiler) adalah jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam konteks produksi daging ayam. Daging ayam broiler termasuk salah satu jenis daging yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Bahkan menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang bertajuk "Pola Distribusi Perdagangan Komoditas Daging Ayam Ras (2022)", rata-rata konsumsi daging ayam ras di kelompok rumah tangga nasional mencapai 6,048 kilogram (kg) per kapita pada tahun 2021.

Pada tahun 2021 tercatat konsumsi daging ayam ras dalam rumah tangga meningkat sebesar 8,62 persen dibanding tahun 2020. Angka konsumsi tersebut hanya konsumsi di dalam rumah tangga, belum termasuk konsumsi rumah makan, warung, restoran, industri, hotel, dan kegiatan lainnya. Peningkatan konsumsi tersebut dapat diimbangi dengan kapasitas produksi nasional yang juga secara konsisten meningkat.

Meski begitu, beberapa waktu lalu sempat beredar isu yang menyebut bahwa konsumsi ayam broiler sangat berbahaya bagi tubuh.

"Salah satu yang lagi ngetren, banyak perempuan yang enggan makan ayam broiler karena diklaim dapat membuatnya memiliki gangguan hormon dan sebagainya," kata dokter gizi Tan Shot Yen dalam media briefing Hari Obesitas Sedunia bersama Kementerian Kesehatan, Senin (4/3/2024).

"Sempat beredar di luar sana yang viral juga dari beberapa teman sejawat kita (dokter) yang mungkin punten tidak paham, yang mengatakan jangan makan ayam broiler nanti kamu jadi lalala segala macam," sambungnya lagi.

Padahal menurut dr Tan yang salah bukanlah daging ayamnya, melainkan tambahan bahan makanan tertentu, seperti tepung. Adapun hal ini juga sudah diteliti dan tercantum dalam jurnal.

"Produk ultra proses itu bukan cuma sekadar mengandung bahan pangan yang sudah diproses, tetapi untuk membuatnya menjadi enak, menjadi renyah, santannya tidak pecah itu menggunakan penstabil nabati."

Studi di luar negeri menunjukkan bahwa produk-produk makanan yang menggunakan penstabil nabati membuat probiotik dalam tubuh terganggu.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Heboh Ayam Broiler Disebut Picu Gangguan Hormon, Dokter Gizi Ungkap Faktanya"