Hagia Sophia

06 March 2024

Penyakit Kaki Gajah Banyak Ditemukan di Indonesia, Ada 7 Ribu Kasus di 2023

Penyakit kaki gajah masih menghantui warga RI. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/angkhan)

Penyakit kaki gajah atau filariasis merupakan salah satu penyakit Neglected Tropical Disease yang ada di Indonesia. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2022 terdapat 72 negara yang masih endemis filariasis, salah satunya Indonesia. Kasus kaki gajah di dunia pun dicatat sebanyak 1.759.142 orang.

Di Indonesia sendiri menurut data dari Kemenkes per 2023 secara kumulatif terdapat 7.955 kasus kronis filariasis. Per 2023 tercatat sebanyak 204 kasus positif yang menderita kaki gajah. Angka ini mengalami penurunan dari tahun 2022 yang mencapai 8.635 kasus.

Dari 32 provinsi di Indonesia, masih ada 236 Kabupaten atau Kota yang merupakan daerah endemis kaki gajah. Tiga daerah sebaran terbesarnya secara kumulatif terdapat di Papua Selatan sebanyak 1996 kasus. Diikuti NTT dengan 1200 kasus dan Papua sebanyak 1023 kasus.

Menurut Direktur P2PM Kemenkes dr. Imran Pambudi, MPHM penyakit kaki gajah dapat menyerang siapa saja tak terkecuali karena penyebarannya melalui nyamuk yang membawa spesies cacing filaria.

"Cacing ini nanti akan masuk ke jaringan limfa dan kalau tidak segera diobati, cacing ini akan bereplikasi kemudian membuat penyumbatan. Dan ini nanti yang akan menyebabkan pembengkakan itu," jelasnya saat memberikan pemaparan kepada awak media, Selasa (5/3/2024).

Dalam menanggulangi kasus kaki gajah di Indonesia, Kemenkes menyusun 2 pilar penanggulangan filariasis sebagai langkah utama. Pertama adalah pemberian obat pencegahan massal sekali dalam setahun selama minimal 5 tahun berturut-turut untuk memutus rantai penularan flariasis. Obat yang diberikan pun merupakan kombinasi DEC dan Albendazol (DA) atau kombinasi Ivermectin, DEC dan Albendazol (IDA).

Kedua, sebagi langkah preventif, Kemenkes melaksanakan penatalaksaan kasus filariasis untuk mencegak dan membatasi kecacatan. Pemerintah melalui Kemenkes akan memastikan ketersediaan perawatan dan ketersediaan obat filaria dan simtomatik lainnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penyakit Kaki Gajah Masih Hantui Warga RI, Ada 7 Ribu Kasus di 2023"