Hagia Sophia

06 March 2024

Agar Vagina Bersih dan Bebas Bau, Ini Cebok yang Benar

Cara membersihkan Miss V agar bebas dari 'bau'. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn)

Menjaga kebersihan organ intim sangat penting dilakukan oleh wanita. Tak hanya dewasa, remaja pun harus mengetahui cara membersihkan vagina dengan tepat agar tidak menjadi sarang bakteri.

Area kewanitaan tak harus berbau seperti bunga. Vagina memiliki bau yang khas untuk menjaga pH tetap seimbang agar terhindari dari bakteri jahat.

Spesialis kandungan dan obstetri dr Fitriyadi Kusuma, SpOG (K) menjelaskan salah satu penyebab keputihan pada wanita adalah cara membersihkan organ intim yang tidak tepat.

"Biasanya infeksi, kotor, bisa tertular penyakit dari pasangan seksualnya atau dia ceboknya tidak bersih, dari arah anus ke vagina," kata dr Fitriyadi kepada awak media di Jakarta Selatan, Senin (4/3/2024).

Dia menjelaskan cara tepat membersihkan vagina yang benar adalah dari depan ke belakang. Membasuh dengan arah sebaliknya bisa membuat bakteri dari dubur masuk ke vagina.

"Jangan membersihkan (vagina) dari arah belakang ke depan karena itu akan membawa bakteri yang dari anus vagina," tegasnya.

Cara membersihkan vagina juga adalah mengusapnya dengan kering setelah buang air kecil atau buang air besar. Hal ini dilakukan agar vagina tidak lembab sehingga mengurangi risiko tumbuhnya jamur.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ladies Simak! Begini Cara Cebok yang Benar Agar Vagina Bersih dan Bebas 'Bau'"