Hagia Sophia

03 January 2023

Tanda-tanda Terjadinya Infeksi dan Pencegahannya

Foto ilustrasi: Firdaus Anwar

Infeksi adalah suatu kondisi yang cukup umum terjadi dan menyerang kesehatan kita. Kamu perlu mengetahui berbagai tanda-tanda infeksi untuk mengetahui kondisi yang sedang kamu alami.

Infeksi menyebabkan berbagai permasalahan pada tubuh. COVID-19, influenza, hepatitis, kurap, kutu air, dan malaria adalah berbagai permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi.

Nah, di dalam artikel ini, kita akan mengetahui lebih dalam tentang berbagai tanda-tanda infeksi yang juga disertai dengan cara mencegahnya. Untuk mendapatkan informasi seutuhnya, mari simak pembahasannya di bawah ini!

Penyebab Terjadinya Infeksi

Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff

Dilansir dari laman Mayo Clinic, infeksi dapat terjadi disebabkan oleh adanya serangan dan juga perkembangbiakan mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Masing-masing mikroorganisme ini akan menimbulkan permasalahan kesehatan yang berbeda-beda.

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi akan menimbulkan berbagai gejala. Mulai dari gejala ringan yang bisa diatasi dengan perawatan mandiri di rumah hingga gejala berat yang membutuhkan perawatan intensif dari tenaga medis.

Semua orang mungkin saja mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur. Namun, seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk akan lebih mudah terkena infeksi.

Berikut adalah beberapa faktor risiko infeksi:
  • Mengkonsumsi steroid atau obat-obatan lain yang menekan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengidap HIV atau AIDS
  • Memiliki jenis kanker tertentu atau gangguan lainnya yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Tanda-tanda Terjadinya Infeksi

Infeksi memiliki berbagai jenis, yaitu infeksi virus, bakteri, dan jamur. Infeksi dari tiga mikroorganisme tersebut akan menghasilkan permasalahan yang berbeda pada tubuh.

COVID-19, influenza, campak, rubella, cacar air, hepatitis, dan demam berdarah merupakan beberapa contoh infeksi yang disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi saluran kencing, tetanus, tuberkulosis, dan tifus adalah contoh penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Sementara itu, kurap dan kutu air adalah dua penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Seseorang yang terkena suatu infeksi biasanya akan mengalami berbagai tanda atau gejala. Dilansir dari laman Medical News Today, berikut adalah tanda-tanda infeksi.

1. Demam
Demam adalah salah satu gejala yang khas ketika adanya infeksi mikroorganisme di dalam tubuh. Kondisi demam ditandai dengan seseorang yang memiliki suhu tubuh di atas dari suhu normal manusia.

Demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan berbagai jenis infeksi yang menyerang. Dengan suhu tubuh yang meningkat, membuat mikroorganisme ini tidak untuk tinggal di dalamnya.

2. Sakit Kepala
Selain kondisi demam, adanya tanda-tanda infeksi juga bisa berupa sakit kepala. Kondisi sakit kepala ini memang merupakan salah satu tanda yang seing dikeluhkan oleh seseorang yang terkena infeksi.

3. Tidak Enak Badan
Kondisi ini menggambarkan seseorang yang mengalami kelelahan, rasa tidak nyaman, dan rasa tidak enak badan. Hal ini merupakan salah satu tanda ketika seseorang terkena infeksi.

Pada seseorang yang mengalami hal ini, maka mereka akan merasakan badan yang lemas dan tidak bertenaga. Rasa lelah kan terus terasa meski telah melewati istirahat yang panjang. Badan juga rasanya tidak enak sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman.

4. Nyeri Otot dan Sendi
Ketika seseorang mengalami infeksi, biasanya juga akan ditandai dengan gejala nyeri otot dan sendi. Nyeri otot ini bisa terasa di seluruh bagian tubuh dan sangat menyiksa.

Otot dan sendi akan terasa sangat kaku, berat, atau lemah. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami infeksi akan merasa kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena adanya gangguan pada otot dan sendi.

5. Batuk
Ketika tubuh terserang oleh virus atau bakteri, salah satu tanda yang akan muncul adalah batuk. Infeksi bisa menyerang saluran napas utama sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan terjadi batuk-batuk.

Cara Mencegah Terjadinya Infeksi

Infeksi virus, bakteri, atau jamur dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan yang cukup serius. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk menghindari infeksi dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan bersih.

Dilansir Medical News Today, berikut ini adalah beberapa tindakan untuk mencegah terjadinya infeksi:
  1. Seringlah untuk mencuci tangan, terutama ketika sebelum dan sesudah makan serta setelah menggunakan toilet.
  2. Perhatikan kebersihan lingkungan. Pastikan lingkungan bebas dari sampah untuk menghindari pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan.
  3. Perhatikan kebersihan makanan. Pastikan tidak mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri.
  4. Lakukan vaksinasi yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan.
  5. Jangan berbagi berbagai kelengkapan pribadi, seperti, handuk, baju, alat makan, atau make up karena virus, bakteri, atau jamur bisa bersarang di barang tersebut.
  6. Hindari aktivitas seksual yang tidak aman dan rutin memeriksa infeksi menular seksual.
  7. Jika sedang terinfeksi, maka jangan bepergian untuk menghindari penyebaran sehingga meminimalisir risiko infeksi pada orang lain.
Nah, itulah dia pembahasan tentang tanda-tanda infeksi. Terjadinya infeksi dapat menyebabkan berbagai penyakit sehingga kita perlu menghindari infeksi dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mengenal Tanda-tanda Infeksi dan Cara Mencegahnya"