Hagia Sophia

03 January 2023

Menkes: Masker Tetap Digunakan dalam Kerumunan dan Ruangan Tertutup

Anjuran penggunaan masker meski PPKM sudah dicabut. (Foto: Grandyos Zafna)

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut, masyarakat masih merasa kebingungan terkait aturan pemakaian masker. Apakah setelah ini masyarakat tidak wajib memakai masker?

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin merespons informasi tersebut. Ia menekankan agar masyarakat sebaiknya tetap memakai masker jika berada di dalam kerumunan, ruangan tertutup, dan sempit.

"Tetapi sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat. Kalau masyarakat merasa dia sehat, di udara terbuka kayak gini nggak perlu, ya nggak usah," jelas Menkes Budi kepada wartawan, Senin (2/1/2023).

"Karena memang ya itu tadi strategi dari pandemi ke endemi itu intervensi dari pemerintah dikurangi, tapi ada partisipasi masyarakat ditingkatkan," lanjutnya.

Menurut Menkes Budi, saat ini kesadaran masyarakat sangat diperlukan. Sebab, pada akhirnya COVID-19 akan menjadi flu biasa, jika merasa sakit bisa berobat dengan kesadaran sendiri.

Meski begitu, transisi ini perlu dilatih dan dipantau perlahan-lahan. Selain itu, kesadaran masyarakat juga sangat diperlukan.

"Nah kita lihat level itu mesti kita latih pelan-pelan bagaimana menuju ke endemi. Jadi pakai masker kalau saya melihat kayak gini saya nggak pakai (ruang terbuka)," kata dia.

"Tapi kalau tadi saat rapat terbatas dan ada bapak Presiden, kita pakai," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Denger Nih Kata Menkes soal Aturan Masker di Masa Transisi Menuju Endemi!"