Hagia Sophia

03 January 2023

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Foto: shutterstock

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kasus kematian di dunia. Untuk itu, cara menjaga kesehatan jantung wajib diketahui kita semua.

Walaupun, ada beberapa faktor penyebab penyakit jantung seperti riwayat keluarga, jenis kelamin, atau usia yang tak bisa dihindari. Tapi setidaknya, mengetahui cara menjaga kesehatan jantung tentu akan bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Bagaimana kita menjaga tubuh agar tidak terkena penyakit jantung? Simak tips dan cara agar jantung sehat yang bisa kamu lakukan berikut ini.

10 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Dirangkum dari situs Mayo Clinic dan p2ptm.kemkes.go.id, adapun cara menjaga kesehatan jantung adalah sebagai berikut:

1. Jangan Merokok
Cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan tidak merokok atau menggunakan tembakau tanpa asap. Bagi kalian yang bukan perokok, pastikan kamu terhindar dari paparan asap rokok ya.

Pasalnya, bahan kimia yang terkandung dalam tembakau bisa merusak jantung serta pembuluh darah. Asap rokok itu akan mengurangi oksigen dalam darah, sehingga berisiko meningkatkan tekanan dan dan detak jantung.

Dalam hal ini, jantung harus bekerja lebih keras untuk membawa atau menyuplai oksigen yang cukup ke otak dan bagian tubuh lainnya. Untuk itu, bagi perokok aktif cobalah untuk mengurangi pemakaian rokok atau berhenti untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Makan-makanan yang Menyehatkan Jantung

Foto: iStock

Makan-makanan sehat juga akan membantu melindungi jantung agar tetap sehat. Adapun rencana makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung antara lain:
  • Daging dan ikan-ikanan rendah lemak
  • Sayur
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Lemak sehat, seperti minyak zaitun
  • Biji-bijian utuh
  • Dan makanan rendah lemak atau bebas lemak lainnya.
3. Pertahankan Berat Badan yang Ideal dan Sehat
Kelebihan berat badan (obesitas) menjadi salah satu faktor meningkatnya risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga diabetes tipe 2.

Menurut Body Mass Index (BMI), tinggi dan berat badan digunakan untuk menentukan apakah seseorang mengalami kelebihan berat badan atau tidak. Umumnya, lingkar pinggang juga dijadikan pengukur berapa banyak lemak yang dimiliki.

Dalam hal ini, risiko penyakit jantung akan lebih tinggi dialami oleh seseorang yang ukuran pinggangnya lebih dari:
  • Pria: 40 inci atau sekitar 101,6 cm
  • Wanita: 35 inci atau sekitar 88,9 cm.
4. Aktif Bergerak dan Melakukan Olahraga Secara Teratur
Aktivitas fisik dan berolahraga secara teratur termasuk cara untuk menjaga tubuh, agar tidak terkena penyakit jantung. Cara ini akan membantu mengurangi kemungkinan kondisi yang bisa membebani jantung.

Menurut laman Mayo Clinic, setidaknya targetkanlah 30 menit hingga 1 jam melakukan aktivitas fisik setiap hari. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain:
  • Latihan aerobik
  • Senam
  • Berlari atau berjalan cepat.
Adapun aktivitas fisik lain yang bisa menjadi alternatif yaitu dengan mengurus dan membersihkan rumah, berkebun, hingga naik turun tangga. Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, olahraga juga membantu kita untuk mengendalikan dan menjaga berat badan yang ideal.

5. Dapatkan Kualitas Tidur yang Baik
Biasanya, orang yang kurang tidak berisiko mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, depresi, hingga serangan penyakit jantung. Oleh karena itu, mengelola kualitas tidur yang baik adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Kebanyakan orang dewasa setidaknya membutuhkan 7 jam tidur setiap malamnya. Oleh kerana itu, kamu bisa coba untuk tetapkan jadwal tidur yang sama setiap hari.

6. Mengelola Stres

Foto: Getty Images/iStockphoto/NeoPhoto

Stres merupakan kondisi yang akan berdampak buruk pada kesehatan jantung. Untuk itu, kamu perlu menemukan cara atau alternatif untuk mengelola stres kamu. Misalnya, dengan olahraga atau meditasi.

7. Relaksasi untuk Mengistirahatkan Tubuh
Relaksasi dan istirahat yang cukup adalah cara menjaga kesehatan jantung yang perlu dilakukan. Untuk itu, kamu perlu menghentikan sejenak rutinitas dan buatlah tubuh dan pikiran kamu menjadi sangar relaks.

8. Rajin Mengonsumsi Teh Hijau
Disebutkan dalam p2ptm.kemkes.go.id, bahwa teh hijau berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu untuk mencegah kerusakan pada pembuluh darah. Sehingga, mengganti minuman favorit dengan teh hijau tanpa menggunakan gula juga akan menjaga kesehatan jantung pula.

9. Diet Sehat

Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Selain itu, cara menjaga kesehatan jantung lainnya yaitu dengan diet mediterania dan menerapkan diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH). Dengan membatasi beberapa asupan berikut:
  • Garam
  • Alkohol
  • Karbohidrat olahan
  • Gula
  • Lemak jenuh (yang biasanya ditemukan dalam produk susu tinggi lemak dan daging merah)
  • Lemak trans (yang biasanya ditemukan dalam makanan cepat saji yang digoreng atau dipanggang).
10. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur
Beberapa penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung yaitu tekanan darah tinggi dan kolesterol. Oleh sebab itu, untuk mengetahuinya kamu perlu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Misalnya, rutin memeriksa tekanan darah, mengukur tingkat kolesterol, dan skrining diabetes tipe 2. Dengan begitu, kamu dan ahli medis bisa mengambil tindakan tepat dengan segera.

Sebagai catatan, apabila kamu memiliki kondisi seperti diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi, kamu perlu berkonsultasi dan mengunjungi dokter atau ahli medis terkait untuk meresepkan obat ataupun merekomendasikan perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan.

Selain itu, pastikan untuk meminum obat sesuai dengan apa yang telah diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan.

Demikian penjelasan tentang tips dan cara menjaga kesehatan jantung. Nah, detikers jadi tahu bukan, apa saja yang perlu dilakukan agar jantung tetap sehat? Semoga cara-cara tadi bisa kalian praktikkan ya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sebelum Terlambat, Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung"