Hagia Sophia

03 January 2023

Antonio Conte: Jangan Berharap Tottenham Hotspur Bisa Jadi Juara

Antonio Conte meminta fans Tottenham Hotspur untuk mengatur ekspektasi (Foto: Tottenham Hotspur FC via Getty I/Tottenham Hotspur FC)

Antonio Conte menilai anggapan bahwa Tottenham Hotspur bisa bersaing untuk jadi juara sebagai ekspektasi yang gila. Conte meminta fans Tottenham agar realistis.

Kedatangan Conte yang punya rekam jejak oke di Italia pada November 2021 menumbuhkan harapan suporter Tottenham. Apalagi Conte kemudian membawa Tottenham finis empat besar di Premier League musim lalu dengan menyalip Arsenal.

Tottenham kemudian belanja besar pada musim panas lalu. Mereka mendatangkan Richarlison, Yves Bissouma, Cristian Romero, Ivan Perisic, Clement Lenglet, Djed Spence, dan Fraser Forster.

Usai mengawali Premier League 2022/2023 dengan apik, Tottenham belakangan mulai terseok. Terakhir, Harry Kane dkk dikalahkan Aston Villa 0-2 di kandang sendiri, Senin (1/1/2023) malam WIB.

Kekalahan itu membuat Tottenham terlempar dari empat besar. Mereka kini ada di posisi kelima klasemen Liga Inggris dengan 30 poin dari 17 laga, tertinggal 13 poin dari Arsenal yang ada di puncak.

Antonio Conte menilai Tottenham belum punya fondasi yang cukup solid untuk menjadi penantang juara. Manajer asal Italia itu pun meminta suporter bersabar.

"Pesan saya (untuk fans) selalu sama: saya tidak pernah bicara soal bahwa tim kami musim ini bisa kompetitif, bertarung untuk jadi juara," ujar Conte kepada Sky Sports.

"Sejak awal musim saya bilang kami menciptakan, kami mencoba membangun fondasi yang solid karena kalau ingin jadi penantang juara dan ingin juara, Anda harus punya fondasi solid."

"Saya selalu mengatakan kejujuran dalam hidup saya. Saya tidak mau menciptakan ilusi. Klub tahu persis apa yang saya pikirkan dan mereka juga 100 persen berpikir sama."

"Mungkin perlu mengirim pesan ini ke luar lewat media karena mungkin seseorang bisa saja berpikir kami bisa jadi kandidat juara," kata Conte.






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Conte Minta Fans Jangan Berekspektasi, Spurs Bukan Kandidat Juara"