Hagia Sophia

03 January 2023

Dokter: Makan Nasi Putih Tiap Hari Tidak Buat Gemuk

Foto: Getty Images/iStockphoto/yipengge

Viral di media sosial unggahan yang menyebut, memakan semangkuk nasi putih pulen sama dengan menelan dua sampai tiga sendok makan (sdm) gula pasir. Disebutkannya, konsumsi nasi putih adalah pemicu perut buncit dan sumber sejumlah penyakit termasuk kencing manis.

"Solusinya? Stop makan nasi putih. Itu akan membereskan banyak sekali masalah kesehatan yang bisa timbul dari konsumsi nasi putih yang terus menerus," tertulis dalam unggahan tersebut.

"Mau kalian bilang makan nasi putih sudah jadi "budaya" kita orang Indonesia atau mau dicuekin sekalipun, ujung-ujungnya kalian sendiri yang akan kena kencing manis, kolesterol tinggi, fatty liver, dan obesitas sentral kalau tidak mau berubah," sambungnya.

Terkait itu, spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir Haruni atau yang akrab disapa dr Koko menegaskan nasi putih pada dasarnya bukanlah makanan jahat. Pun mau dikonsumsi setiap hari, aman saja asalkan kadarnya tidak melebihi kebutuhan kalori tubuh.

"Nasi putih menurutku sifatnya netral. Itu bukan sebuah kejahatan, tapi tergantung kitanya memakannya. Kita mau makan berapa banyak. Kalau nasi putihnya satu baskom, tapi kalau dia makan tetap di bawah atau sesuai kebutuhan kalori dia itu malah meningkatkan produktivitas mereka. Kalau lapar nggak bisa ngapa-ngapain juga," ungkapnya kepada detikcom dalam program e-Life, Jumat (30/12/2022).

Dalam kesempatan sebelumnya dr Koko juga menjelaskan, nasi putih memang tidak tergolong makanan sehat. Namun, kandungan pada nasi tidak sepenuhnya sama dengan gula pasir, sebab nasi putih masih mengandung mineral dan vitamin walaupun kadarnya sedikit.

"Nasi putih memang bukan golongan makanan sehat ya. Tapi tidak 'ujug-ujug' berbahaya. Asal konsumsinya nggak banyak, tidak melebihi batas rekomendasi konsumsi harian," jelas dr Koko pada detikcom.

dr Koko menegaskan, nasi putih tidak serta-merta memicu penyakit kencing manis. Asalkan, nasi putih dikonsumsi dalam kadar yang tidak berlebihan dan dibarengi aktivitas fisik seimbang.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Internis Sebut Makan Nasi Putih Tiap Hari Nggak Bikin Gemuk, Asal..."