Hagia Sophia

18 September 2023

Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Membuat Jantung Sehat

Ilustrasi (Foto: thinkstock)

Jantung adalah organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh. Setiap harinya, otot yang berukuran hanya sekepal tangan ini bekerja keras dengan memompa sekitar 2.000 galon darah, menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel dan organ-organ seluruh tubuh.

Menjaga kesehatan jantung pun menjadi suatu hal penting bagi setiap orang. Pasalnya, gangguan pada jantung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Tak jarang, orang dengan penyakit jantung tidak menyadari sampai akhirnya terjadi serangan jantung. Salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi adalah jantung koroner.

Namun, dengan mengadopsi gaya hidup sehat, kita dapat mengurangi risiko ini secara signifikan. Dikutip dari Healthline hingga WebMD, berikut lima hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Atur pola makan sehat
Asupan nutrisi sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Dikutip dari Healthline, diet yang seimbang yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral adalah kunci untuk menjaga jantung tetap sehat. Sedangkan terlalu banyak konsumsi gula, garam, dan daging olahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cobalah untuk mengonsumsi biji-bijian (jagung, gandum dan lainnya), kacang-kacangan, buah-buahan (apel, anggur, beri), sayur-sayuran, dan makanan dengan protein tanpa lemak (ikan salmon).

2. Tidur yang cukup
Kurang tidur dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Cobalah untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan jantung tetap optimal.

3. Manajemen stres
Sedikit stres memang baik untuk membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi, stres yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, faktor psikologis sangat berpengaruh dan dapat berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung. Depresi, kecemasan, amarah, dan isolasi sosial juga meningkatkan risiko penyakit jantung secara signifikan, lho.

Berlatih mengelola stres dapat dilakukan dengan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi atau yoga. Melakukan hobi, seperti membaca, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama orang tercinta juga membantu dalam mengelola stres dengan baik.

4. Stop merokok dan hindari paparan asap rokok
Merokok dapat berdampak negatif pada organ jantung dan paru-paru. Rokok memiliki kandungan zat kimia beracun, seperti nikotin dan karbon monoksida (CO) yang merusak sel-sel tubuh. Zat ini berpotensi merusak dinding pembuluh darah sehingga berisiko serangan jantung dan stroke.

Berhenti merokok secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dikutip dari WebMD, hanya 20 menit setelah seseorang berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung akan turun. Dalam 2 hingga 3 minggu, aliran darah akan mulai membaik.

5. Banyak bergerak
Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk daya tahan jantung. Olahraga secara teratur bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, membakar kalori dan lemak berlebih, serta menurunkan kolesterol jahat.

Latihan aerobik menjadi pilihan terbaik dan paling efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Contoh latihan aerobik yang memompa jantung antara lain jalan cepat, berlari, berenang, bersepeda, bermain tenis, dan lompat tali.

Setiap gerakan aktivitas fisik sangat berarti. Mulailah dengan aktivitas ringan, seperti berjalan kaki. Menurut saran spesialis kedokteran olahraga, dr Anita Suryani, SpKO jalan kaki selama 30-60 menit dengan intensitas sedang (kecepatan sedang) selama 3-5 kali seminggu bisa menyehatkan organ jantung.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Kebiasaan Simpel Ini Bisa Bikin Jantung Sehat, Nomor 4 Paling Wajib Dilakukan"