Hagia Sophia

18 September 2023

Liga Inggris: Everton Kalah dari Arsenal 0-1

Arsenal berhasil mengalahkan Everton. Foto: Action Images via Reuters/LEE SMITH

Arsenal menang tipis 1-0 atas Everton di pekan kelima Liga Inggris musim ini. Leandro Trossard menjadi pahlawan The Gunners lewat golnya di babak kedua.

Bermain di Goodison Park, Minggu (17/9/2023), Arsenal nyaris unggul di babak pertama, namun gol Gabriel Martinelli dianulir karena offside. Baru di babak kedua, Trossard hadir sebagai pahlawan berkat golnya di menit ke-69.

Hasil ini membawa Arsenal naik ke urutan empat dengan 13 poin, kalah selisih gol dari Liverpool dan Tottenham Hotspur yang memiliki poin serupa. Ketiganya berjarak dua poin dari Manchester City yang berada di puncak.

Sedangkan Everton baru meraih satu poin dari lima laga, dan kini mereka berada di zona degradasi, tepatnya di posisi 18.

Jalannya pertandingan

Arsenal tampil menguasai laga sejak awal namun sulit membongkar pertahanan tuan rumah. Upaya pertama lewat tembakan Fabio Vieira di menit ke-10 masih melambung di atas gawang.

Gabriel Martinelli sempat membawa Arsenal memimpin lewat tembakan jarak dekat di menit ke-19, namun Video Assistant Referee (VAR) menganulir gol tersebut karena Eddie Nketiah sudah lebih dulu offside dalam proses sebelum terjadinya gol.

Everton tak diam saja di belakang. Sesekali mereka berupaya menekan. Idrissa Gueye melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-31, namun berhasil diamankan David Raya yang turun menjadi kiper utama Arsenal di laga ini.

Tim tamu kembali menebar ancaman di menit ke-40. Ben White bergerak di sisi kanan lalu melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti, namun arah bola bisa dibaca kiper Everton, Jordan Pickford yang dengan sigap mengamankan gawangnya.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Arsenal nyaris mencetak gol cepat di awal babak kedua. Martin Odegaard melepaskan tembakan jarak dekat di menit ke-46, namun berhasil diblok Pickford. Semenit berselang, tembakan Vieira melenceng ke atas gawang.

Upaya Arsenal baru membuahkan hasil di menit ke-69. Lewat skema sepak pojok pendek, bola terus dikuasai The Gunners hingga Odegaard mengirim bola pada Bukayo Saka di kotak penalti yang kemudian diteruskan kepada Leandro Trossard.

Tanpa kontrol bola, satu tembakan gelandang Belgia itu langsung membentur tiang kiri lalu masuk ke gawang Everton tanpa bisa dihalau Pickford. Arsenal memimpin 1-0.

Momen ketika bola tembakan Trossard (kanan) bergerak masuk ke gawang Everton. Foto: REUTERS/PHIL NOBLE

Arsenal memperoleh kans mencetak gol kedua lewat serangan balik di menit ke-77, tetapi tembakan Odegaard berhasil ditepis oleh Pickford.

Skor 1-0 untuk Arsenal menutup laga ini.

Susunan pemain

Everton: Pickford, Mykolenko, Tarkowski, Branthwaite, Young (Patterson 87'), Onana, Gueye, McNeil (Chermiti 88'), Danjuma, Doucoure (Garner 80'), Beto (Calvert-Lewin 66').

Arsenal: Raya, Gabriel, White, Saliba, Zinchenko (Tomiyasu 80'), Odegaard, Rice, Saka, Nketiah (Gabriel Jesus 66'), Martinelli (Trossard 24'), Vieira (Havertz 80').


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Everton Vs Arsenal: Trossard Menangkan The Gunners"