Hagia Sophia

18 September 2023

Frank Rubio Pecahkan Rekor Sebagai Astronot Terlama di Luar Angkasa

Astronaut Frank Rubio pecahkan rekor astronaut terlama yang tinggal di luar angkasa. Foto: NASA

Astronaut NASA, Frank Rubio memecahkan rekor sebagai astronaut terlama yang tinggal di luar angkasa. Tercatat, ia sudah berada di luar angkasa lebih dari satu tahun.

Administrator NASA yang juga salah seorang mantan senator AS, Bill Nelson mengapresiasi Frank Rubio dengan terpecahkannya rekor ini lewat sebuah cuitan di laman X miliknya @SenBillNelson.

"Perjalanan Frank Rubio di luar angkasa memperlihatkan eksplorasi yang sebenarnya. Saat ia memecahkan rekor sebagai Astronaut AS terlama yang berada di luar angkasa, ia juga membuka jalan bagi generasi astronaut masa depan. Dedikasi Anda benar-benar luar biasa, Frank!," tulis Nelson.

Sebelumnya, NASA juga membagikan cuitan bangga yang menyebut astronaut mereka, Frank Rubio, baru saja memecahkan rekor yang melampaui rekor sebelumnya. Menurut NASA, Frank Rubio akan tepat menghabiskan 371 hari di luar angkasa sebelum jadwal kepulangannya ke Bumi pada 27 September.

"Astronaut Frank Rubio baru saja menetapkan rekor luar angkasa A.S. baru, melampaui rekor sebelumnya 355 hari berturut-turut di ISS, ini merupakan misi terpanjang untuk NASA.

Dia dijadwalkan kembali ke Bumi pada 27 September, dengan begitu ia akan tepat menghabiskan 371 hari di luar angkasa," tulis NASA dalam sebuah cuitan di akun X resmi @NASA.

Siapa Frank Rubio?

Frank Rubio merupakan seorang astronaut yang memulai karirnya di dunia antariksa sejak 2017. Ia melakukan perjalanan luar angkasanya pada September 2022 menggunakan pesawat luar angkasa Soyuz MS-22 milik Rusia.

Selain itu, Frank Rubio memiliki latar belakang militer yang kental. Ia merupakan lulusan Akademi Militer AS yang lulus pada tahun 1998. Ia melakukan dinas militernya sebagai pilot helikopter UH-60 Blackhawk dengan lebih dari 1.100 jam terbang yang mana 600 jam diantaranya merupakan penerbangan tempur.

Ia terlibat dalam operasi militer Angkatan Darat AS di Bosnia, Afghanistan dan Irak. Selain itu, ia juga memiliki sertifikasi pendidikan kesehatan, ia menyelesaikan program doktor di bidang pengobatan pada 2010.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Astronaut Ini Pecahkan Rekor Sebagai Astronot Terlama di Luar Angkasa"