Hagia Sophia

18 September 2023

Ini Manfaat Konsumsi Kopi di Pagi Hari, Tidak Hanya Hilangkan Kantuk

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/izusek)

Bagi sebagian orang, hari tak akan komplit jika pagi hari tidak diawali dengan secangkir kopi. Rupanya nggak hanya bikin melek, kopi memang bisa membawa banyak manfaat baik buat tubuh.

Diketahui, kandungan kafein dalam kopi juga merangsang Sistem Saraf Pusat (SSP). Kandungan tersebut dapat meningkatkan metabolisme energi di seluruh otak. Dikutip dari healthshots, berikut beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dengan meminum kopi:

1. Meningkatkan kewaspadaan dan fokus
Manfaat yang dimiliki kopi hitam ada pada kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kandungan inilah yang menjadi stimulan alami sehingga dapat menghambat adenosin untuk membantu seseorang tetap terjaga dan waspada.

Menurut ahli minuman kopi tanpa tambahan gula maupun susu dapat memberikan manfaat tersebut.

2. Meningkatkan kinerja fisik
Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan adrenalin hingga memungkinkan seseorang mendorong batas fisik seseorang selama latihan. Selain itu kopi juga dapat meningkatkan daya tahan serta membantu tujuan seseorang menjadi lebih bugar.

3. Memiliki antioksidan yang melimpah
Kopi menjadi sumber antioksidan seperti asam klorogenat. Senyawa asam klorogenat bisa membantu memerangi stres oksidatif, mengurangi peradangan, dan mendukung kesehatan secara menyeluruh.

4. Membantu mengendalikan berat badan
Bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kopi bisa menjadi pendamping yang terbaik. Kandungan kafein di dalamnya yang dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak bisa membantu turunkan berat badan.

Selain itu kopi dapat mengaktifkan sistem saraf, kemudian memberikan sinyal untuk memecah lemak tubuh. Walhasil, kopi bisa me jadi pilihan menu tepat untuk 'teman' diet.

5. Meningkatkan mood
Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, kopi juga turut berkontribusi pada kesejahteraan mental seseorang. Kopi yang memiliki kandungan kafein dapat merangsang pelepasan serotonin dan dopamin, bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi risiko depresi, serta meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Meskipun kopi memiliki banyak manfaat, konsumsi minuman ini secara berlebihan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Asupan kafein yang berlebihan ke dalam tubuh dapat menyebabkan kegelisahan dan insomnia. Sehingga tidak berlebihan dalam meminum kopi, serta selalu mendengarkan isyarat yang diberikan oleh tubuh menjadi cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terbukti Lewat Riset! Tak Cuma Bikin Melek, Sedahsyat Ini Efek Kopi Pagi Hari"