Hagia Sophia

18 September 2023

Heboh di Medsos Wanita Bandung Terkena Kanker Tulang, Ini Kisahnya

Foto: TikTok/@hanihanaff

Viral seorang wanita asal Bandung didiagnosis kanker tulang osteosarkoma. Ibu satu anak bernama Hani Hanifah itu menceritakan gejala awal yang sering dialaminya sejak tahun 2021.

Awalnya, Hani merasakan pegal-pegal di tangan kanannya. Dia mengira itu hanya rasa pegal biasa, mengingat saat itu dirinya sedang rutin menyusui anaknya yang berusia satu tahun.

"Awalnya saya pikir ya pegal-pegal biasa gitu karena nahan beban dari anak saya, cuman lama-lama pegalnya itu sampai nggak normal," jelas Hani saat dihubungi detikcom, Minggu (17/9/2023).

"Sampai tangan saya kayak lumpuh gitu nggak bisa gerak satu tangan, sampai sakitnya parah," lanjutnya.

Merasa sakit pada tangannya semakin parah, Hani memutuskan pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisinya. Ia bahkan sempat berobat ke dokter spesialis penyakit dalam, namun tidak ada perubahan.

Hani juga sempat berkonsultasi ke spesialis tulang dan dokter umum, tetapi saat itu tidak ada penjelasan untuk kondisinya yang mengacu pada kanker tulang. Itu yang membuatnya berpikir kalau sakit yang dialaminya hanya karena pegal biasa.

Selama setahun, Hani terus berjuang melawan rasa pegal-pegal itu. Bahkan, ia sampai memakai koyo hampir setiap hari dan urut karena sakit.

"Kirain dengan diurut akan sembuh, tapi ternyata setelah diurut malah jadi muncul bengkak. Tahun 2022 yang muncul pembengkakan itu nggak lama dari diurut," beber Hani.

Bagaimana Kondisinya Saat Ini?

Hani mengatakan sampai saat ini masih menjalani perawatan intensif dan sudah dinyatakan bebas dari sel kanker. Untuk lukanya sendiri, sampai saat ini masih terasa.

"Kalau misalnya ditargetkan berapa minggu kedepan hasil darahnya kurang baik, dan masih terinfeksi, harus dilakukan operasi kecil untuk mengatasi infeksinya," kata Hani.

"Setelah operasi kedua, sekarang kondisi (tulang) saya sudah semen," tuturnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini Wanita Penyintas Kanker Tulang yang Alami Pegal-pegal Setahun"