Hagia Sophia

22 March 2024

Tips Dokter Neurologi Agar Bisa Bangun Sahur dengan 'Setting' Jam Biologis

Susah banget bangun sahur kenapa ya? (Foto: Getty Images/iStockphoto/kertlis)

Sepekan lebih berpuasa, sudah berapa kali nggak kebangun untuk sahur? Dokter neurologi membeberkan tips untuk 'setting' jam biologis biar tetap kebangun meski alarm nggak bunyi.

Dokter yang juga praktisi kesehatan tidur dari Mayapada Hospital Tangerang, dr Paulina Thiomas Ulita, SpS, mengatakan pada dasarnya manusia adalah makhluk habitual. Artinya, siklus hidupnya mengikuti pola tertentu dan jika pola tersebut diubah maka butuh waktu untuk adaptasi.

Hal yang sama juga berlaku pada pola tidur, yang memang berubah selama puasa Ramadan. Supaya cepat beradaptasi, menurut dr Paulina, maka kebutuhan waktu tidur harus tercukupi, yang berarti juga harus menggeser waktu tidur agar tidak terlalu malam.

"Waktu tidurnya yang digeser menjadi lebih awal supaya kebutuhan tidur malam tetap tercukupi, minimal 4 jam," saran dr Paulina dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

Masih terkait pola tidur, dr Paulina menyarankan agar makan malam tidak diisi menu yang terlalu berat karena perut butuh waktu untuk mencerna. Belum lagi risiko refluks, yakni naiknya asam lambung ke kerongkongan yang bisa bikin susah tidur.

"Apalagi kalau makanannya tinggi lemak, itu butuh waktu lebih lama (untuk dicerna)," kata dr Paulina.

Menghindari kopi dan minuman berkafein di malam hari juga akan membantu mempercepat adaptasi perubahan pola tidur. Kafein membuat susah tidur, sehingga kebutuhan tidur yang cukup sulit terpenuhi.

Tidak kalah penting, dr Paulina mengingatkan perlunya sleep hygiene. Salah satunya dengan mematikan lampu ketika sudah waktunya tidur.

"Kalau lampu gelap berarti hormon melatoninnya akan lebih banyak keluar. Hormon melatonin itu memacu kita mengantuk, memacu untuk tidur. Kalau hormon melatoninnya banyak maka stage tidur kita terpenuhi sehingga kualitas tidurnya jadi baik," jelas dr Paulina.

"Kalau kualitas tidurnya bagus maka tubuh akan cukup dengan tidur yang misalnya singkat sekitar 4-6 jam sehingga bisa bangun pada waktu yang diinginkan. Dan yang paling penting butuh habituasi kembali, jadi bikin lagi aturan waktu tidur yang sama setiap hari," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Susah Banget Bangun Sahur? Dokter Neurologi Beri Tips 'Setting' Jam Biologis"