Hagia Sophia

22 March 2024

Update Kesehatan Petugas Pemilu 2024: Kasus Meninggal Sebanyak 171

Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2024. KPU menetapkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres 2024.

Menyusul laporan tersebut, Kementerian Kesehatan RI melaporkan total ada 171 petugas Pemilu 2024 yang meninggal. Data ini dirilis terakhir, Rabu (20/3/2024).

Penyakit jantung menyumbang penyebab kematian petugas pemilu terbanyak mencapai 38 orang. Ada 40 orang yang belum diketahui penyebab kematiannya, sementara 13 kasus mengalami syok septik.

Berdasarkan kategori pasien, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) menjadi petugas pemilu terbanyak yang meninggal sebanyak 87 orang. Ada sekitar 40 linmas yang meninggal disusul 16 petugas pemilu, 10 saksi, 9 panitia pemungutan suara, 8 bawaslu dan 2 orang panitia pemilihan di kecamatan.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus kematian petugas pemilu seharusnya sama sekali tidak terjadi. Ia berharap pada pemilu selanjutnya, angka kematian petugas bisa ditekan hingga nol kasus.

"Memang terjadi penurunan yang drastis dari jumlah petugas Pemilu yang wafat, tapi kami melihat 1 nyawa yang meninggal sudah terlalu banyak. Kalau bisa di Pemilu 2019 bisa nol yang wafat," ujarnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update Kematian Petugas Pemilu di Tengah Pengumuman Pemenang Pilpres 2024"