Hagia Sophia

22 March 2024

Mimpi Celine Dion: Ingin Kembali Manggung

Celine Dion (Foto: Kevin Mazur/Getty Images for The Recording Academy)

Celine Dion kembali mengabarkan kondisinya pasca mengidap Stiff Person Syndrome (SPS) atau sindrom kaku. Melalui Instagram pribadinya dalam memperingati hari kesadaran SPS internasional, Celine mengungkapkan keinginannya untuk kembali manggung.

Kondisi yang diidapnya mempengaruhi tubuh dan hidupnya. Selain membuat otot di lengan dan kakinya kaku, ia juga mengalami tekanan emosional yang luar biasa serta risiko kekambuhan kejang.

"Seperti yang kalian tahu, pada tahun 2022 saya didiagnosis mengidap Stiff Person Syndrome (SPS). Mencoba mengatasi kelainan autoimun ini merupakan salah satu pengalaman tersulit dalam hidup saya," beber Celine di akun Instagram pribadinya.

"Tetapi, saya tetap bertekad untuk suatu hari nanti kembali ke panggung dan menjalani kehidupan senormal mungkin," sambungnya.

Dalam postingannya, Celine mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan penggemarnya atas cinta serta dukungan mereka. Ia merasa semua itu adalah penyemangat untuknya yang terkena dampak gangguan SPS.

"Saya sangat berterima kasih atas cinta dan dukungan dari anak-anak saya, keluarga, tim, dan kalian semua!" tambahnya dalam postingan tersebut.

Sejauh ini, belum ada obat yang efektif menyembuhkan kondisi Stiff Person Syndrome seperti yang diidap Celine. Menurut situs Johns Hopkins Medicine, SPS adalah kelainan neurologis autoimun langka yang paling sering menyebabkan kekakuan otot dan kejang menyakitkan.

Kondisi ini bisa kambuh dan hilang yang dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Penyakit ini paling sering berkembang pada orang berusia 40 hingga 50 tahun.

Celine Dion pertama kali mempublikasi kondisi yang diidapnya pada Desember 2022. Pada Mei 2023, dia membatalkan semua jadwal tur karena kondisi tersebut.

Terakhir kali Dion terlihat di depan publik adalah pada acara Grammy Awards bulan Februari, ketika dia membuat penampilan kejutan untuk mempersembahkan penghargaan Album of the Year kepada Taylor Swift.

Pada Januari, Dion mengumumkan bahwa dia akan membuat film dokumenter berdurasi panjang, yang akan disiarkan di Amazon Prime Video, tentang kondisinya yang mengidap stiff person syndrome, untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Saya minta maaf sekali lagi mengecewakan kalian semua. Aku bekerja sangat keras untuk membangun kembali kekuatanku, tapi tur bisa menjadi sangat sulit bahkan ketika kamu dalam kondisi 100 persen," jelas dia.

"Tidak adil bagimu untuk terus menunda pertunjukan, dan meskipun itu menghancurkan hatiku, yang terbaik adalah kita batalkan semuanya sekarang sampai aku benar-benar siap untuk kembali ke panggung lagi," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mimpi Celine Dion usai Kena Stiff Person Syndrome, Ingin Kembali Manggung"