Hagia Sophia

04 February 2024

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi jahe. (Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto)

Jahe merupakan tanaman herbal yang sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Tidak heran memang, mengingat jahe mengandung banyak sekali zat yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

Tanaman ini mengandung sejumlah nutrisi yang dapat mendukung kesehatan tubuh, seperti vitamin C, protein, serat, magnesium, dan kalium. Namun, khasiat terbesar jahe berasal dari gingerol yang dimilikinya.

Gingerol adalah senyawa kimia yang umumnya berupa minyak berwarna kuning. Zat ini memiliki efek antioksidan dan antiperadangan yang dapat membantu melindungi tubuh dari beragam penyakit kronis, termasuk kanker.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat dahsyat jahe untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan berat badan
Sejumlah studi menemukan konsumsi jahe dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 mengungkapkan kandungan zingerone dan shogaol dapat mendukung proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Sementara pada studi yang dilakukan pada 2018 menemukan konsumsi jahe dapat membantu menurunkan berat badan serta mengecilkan lingkar pinggang.

Jahe juga disebut dapat membantu mengatur enzim pencernaan di perut dan menekan nafsu makan, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C dan magnesium yang ada pada jahe dapat membantu memperkuat imun tubuh dalam melawan infeksi bakteri dan virus. Tak hanya itu, senyawa antioksidan pada jahe juga melindungi tubuh dari peradangan dan efek radikal bebas yang bisa merusak jaringan dalam tubuh.

3. Meredakan morning sickness dan nyeri menstruasi
Mengonsumsi jahe dapat membantu meredakan gejala morning sickness dan kelelahan yang umumnya dialami para ibu hamil di awal masa kehamilan.

Sementara dikutip dari Verywell Health, jahe juga dapat membantu meredakan disemenore, yakni keluhan nyeri yang muncul saat wanita mengalami menstruasi.

4. Menurunkan gula darah
Jahe juga memiliki manfaat yang besar bagi pengidap diabetes. Sebuah studi mengungkapkan mengonsumsi jahe dapat menurunkan kadar gula darah puasa. Kadar gula darah puasa adalah kondisi gula darah setelah melakukan puasa selama 8-12 jam sebelum melakukan pemeriksaan gula darah.

Penelitian tersebut menemukan orang yang mengonsumsi sekitar 1.200-3.000 miligram suplemen jahe setiap hari selama 8 hari hingga 13 minggu. Setelah 12 minggu, ditemukan bahwa jahe dapat:
  • Menurunkan kadar gula darah puasa hingga 12 persen
  • Menurunkan hemoglobin A1c (HbA1c) hingga 10 persen
  • Menurunkan rasio apolipoprotein B/apoliprotein AI hingga 28 persen
  • Menurunkan kadar malondialdehyde (MDA) hingga 23 persen

5. Menurunkan kolesterol
Sebuah studi yang dilakukan pada 2022 mengungkapkan jahe memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) dalam tubuh. Kolesterol LDL adalah jenis kolesterol yang dapat menyebabkan lemak menumpuk dan membentuk plak pada pembuluh darah.

Di saat yang sama, jahe juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein) yang membantu membersihkan lemak dari pembuluh darah dan mencegah terjadinya aterosklerosis, yakni penyempitan atau pengerasan pembuluh arteri akibat penumpukan plak.

6. Mencegah serangan jantung dan stroke
Karena jahe dapat menurunkan kolesterol LDL, maka tanaman rimpang ini secara tidak langsung dapat mencegah risiko kondisi berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor pemicu kedua kondisi tersebut.

Jahe juga memiliki efek mirip antikoagulan, yakni obat-obatan yang digunakan untuk membantu mengencerkan darah sehingga tidak menggumpal dan memicu kondisi seperti serangan jantung atau stroke.

7. Berpotensi melindungi dari risiko kanker
Jahe kaya akan zat antioksidan dan antiperadangan, seperti gingerol, yang diyakini dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker. Sebuah studi mengungkapkan jahe dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker usus, pankreas, dan hati. Kendati demikian, diperlukan lebih banyak studi yang melibatkan subjek manusia untuk memastikan khasiat ini.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Khasiat Dahsyat Jahe untuk Kesehatan, Turunkan Gula Darah-Tingkatkan Imun Tubuh"