Hagia Sophia

04 February 2024

Ini Wajah Hewan Spesies Baru yang Mirip Alien

Dua kepala spesies kaki seribu baru yang diawetkan, Lophostreptus Magombera dan Udzungwastreptus Marianae. (Foto: Foto: usc.edu.au)

Para peneliti menemukan genus dan lima spesies kaki seribu baru di hutan terpencil Afrika. Uniknya, makhluk-makhluk ini punya wajah seperti alien di film Star Wars.

Setidaknya begitu informasi yang diungkapkan oleh Profesor Andy Marshall dari Universitas Sunshine Coast. Dijelaskannya bahwa hewan-hewan tersebut berada di antara daun-daun dan ranting yang tersebar di permukaan tanah, serta bersarang di tanah gembur.

Observasi yang dilakukan melibatkan enam peneliti internasional. Di sini Profesor Henrik Enghoff dari Universitas Kopenhagen yang menjadi pemimpinnya, seperti dilansir detikINET dari Earth, Minggu (4/2/2024).

Ternyata tujuan dilakukan penelitian ini, bukan cuma fokus dengan keanekaragaman hayati di Pengunungan Udzungwa, Tanzania. Tetapi disebutkan, juga menjadi salah satu upaya memahami dampak tanaman merambat terhadap hutan di seluruh dunia.

Menurut Marshall, spesies kaki seribu sangat membantu pihaknya dalam melakukan pekerjaan ini. Katanya, hewan itu bisa menunjang mereka ketika akan membuat teori.

"Kaki seribu akan membantu kita menentukan dua teori yang sangat berbeda mengenai peran tanaman merambat terhadap pemulihan hutan - apakah tanaman merambat seperti perban yang melindungi luka atau 'parasitoid' yang mencekik hutan," kata Profesor Marshall.

Untuk spesies kaki seribu yang baru ditemukan hanya memiliki panjang beberapa sentimeter. Tapi, masing-masing memiliki 200 kaki ukurannya.

Para peneliti memberikan nama kepada salah satunya, yakni Lophostreptus Magombera. Katanya pemilihan nama untuk menghormati Cagar Alam Magombera.

Sedikit informasi, kaki seribu di Afrika ukurannya besar-besar. Bahkan ada yang memiliki panjang hingga 35 cm. Adapun, penemuan ini pun menunjukkan, bahwa masih ada kehidupan yang tersembunyi di dalam hutan tropis. Salah satunya seperti spesies baru kaki seribu tadi.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Hewan Spesies Baru Ditemukan, Wajahnya Mirip Alien di Film Star Wars"