Hagia Sophia

04 February 2024

Gejala Diabetes Ini Muncul di Pagi Hari

Ilustrasi diabetes. (Foto: shutterstock)

Munculnya tanda atau gejala diabetes seringkali tidak disadari dan membuat penanganannya terlambat. Diabetes sering disebut dengan penyakit 'silent killer' yang secara bertahap bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti masalah jantung, kerusakan ginjal, hingga masalah penglihatan.

Pakar diabetes Dr BM Makkar mengatakan terkadang gejala diabetes sulit untuk dibedakan dari penyakit lain.

"Bahkan banyak yang tidak menyadari bahwa tubuh (sedang) memberi sinyal beberapa tanda peringatan di pagi hari, yang bisa membantu mengidentifikasi kadar gula darah yang tinggi," jelasnya yang dikutip dari Times of India.

Berikut 7 tanda diabetes di pagi hari:

1. Mulut kering
Tanda diabetes yang paling signifikan di pagi hari adalah mulut kering. Jika sering mengalami mulut kering atau merasa sangat haus setelah bangun tidur di pagi hari, waspadai ini sebagai peringatan diabetes. Untuk mengetahuinya, segera periksakan kadar gula darah tubuh.

2. Mual
Gejala diabetes lainnya yang bisa muncul di pagi hari adalah mual. Ini mungkin terjadi akibat komplikasi diabetes atau kondisi lainnya.

Seringkali mual tidak berbahaya dan hanya terjadi sesaat. Namun, jika mual disertai gejala diabetes lainnya mungkin menjadi sinyal keparahan dari diabetes.

3. Penglihatan kabur
"Jika mengalami penglihatan kabur saat bangun di pagi hari, segera memeriksakan kadar gula darah. Diabetes juga dapat menyebabkan lensa mata membesar, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur," kata Dr Makkar.

Lensa mata mungkin berubah bentuk dan penglihatan menjadi kabur. Jika kadar gula darah kembali stabil, penglihatan kembali normal.

4. Kaki mati rasa
Tingginya gula darah atau glukosa bisa memicu kerusakan saraf. Saraf di tungkai dan kaki paling sering terkena neuropati diabetik.

Gejala neuropati diabetik dapat berkisar dari kesemutan dan nyeri hingga mati rasa pada tangan, kaki, dan tungkai, berrgantung pada saraf mana yang terpengaruh.

5. Kelelahan
Kelelahan merupakan gejala khas diabetes yang tidak hanya muncul pada kasus diabetes yang tidak terkontrol. Orang mungkin akan mengalami sejumlah gejala, termasuk rasa lelah, yang mungkin mengindikasi masalah psikologis, medis, metabolik, endokrin, dan kronis.

6. Tangan gemetar
Kadar gula darah di bawah 4 mmol/L biasanya menyebabkan gejala. Perasaan lapar, gemetar, dan berkeringat merupakan sinyal peringatan dini yang khas. Dalam keadaan yang lebih ekstrim, seseorang juga bisa mengalami kebingungan dan kesulitan fokus.

7. Disfungsi ereksi
Pria yang mengidap diabetes, terutama penderita diabetes tipe 2, seringkali mengalami disfungsi ereksi. Itu merupakan ketidakmampuan dalam mencapai atau mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk berhubungan seks.

Hal ini mungkin disebabkan oleh regulasi gula darah jangka panjang yang tidak memadai, sehingga dapat membahayakan saraf dan pembuluh darah.

Gejala diabetes lainnya di pagi hari

Selain itu, masih ada beberapa gejala diabetes lain, seperti:
  • Pingsan
  • Lelah
  • Kaki mati rasa saat bangun tidur



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waspada Gejala Diabetes yang Muncul di Pagi Hari, Termasuk Mulut Kering"