Hagia Sophia

06 May 2024

Dokter Asal Palestina Tewas Usai Ditahan 4 Bulan di Penjara Israel

Foto: REUTERS/Stringer/File Photo Acquire Licensing Rights

Seorang dokter Palestina ternama dari Rumah Sakit al-Shifa di Gaza meninggal di penjara Israel setelah lebih dari empat bulan ditahan. Kelompok advokasi Palestina yang melaporkan kematian sang dokter, mencurigai dokter Palestina itu disiksa selama dalam penahanan Israel.

Diberitakan Al Jazeera, Dr Adnan al-Barash, kepala ortopedi di fasilitas medis terbesar di Gaza, ditahan oleh pasukan Israel saat merawat pasien di Rumah Sakit al-Awda di utara wilayah tersebut. Dia ditahan bersama dengan sekelompok dokter lainnya pada Desember tahun lalu.

Dengan kematian Dr Al Barash, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan jumlah total tenaga medis yang terbunuh sejak perang Israel di Gaza pecah pada bulan Oktober telah mencapai 496 orang.

"Pembunuhan Dr al-Barash bukanlah kejahatan terakhir mengingat kondisi para tahanan di penjara sangat dirahasiakan, terutama mereka yang ditangkap dari Jalur Gaza," katanya.

Menurut kedua kelompok advokasi Palestina tersebut, yang mengutip otoritas Palestina, dokter Barsh meninggal dunia pada 19 April lalu. "Jenazahnya masih ditahan," sebut kedua kelompok tersebut.

Saat AFP mencoba mengkonfirmasi kabar tersebut, Israel menyanggah dengan mengatakan, "Kami tidak tahu ada insiden seperti itu."

Semasa hidupnya, Dr Al-Barash dikenal sebagai salah satu dokter paling tersohor yang ada di Jalur Gaza. Ia secara aktif melayani pasien-pasien yang jadi korban serangan Israel hingga saat terakhir ia ditangkap.

Al-Barash, 50, ditangkap bersama sekelompok dokter lainnya pada bulan Desember di Rumah Sakit al-Awda dekat kamp pengungsi Jabalia di Gaza utara. Kelompok hak asasi tahanan mengatakan jenazahnya masih ditahan oleh otoritas Israel.

Nasib dokter lainnya masih belum diketahui.

Meskipun serangan terhadap fasilitas medis dan pekerja kesehatan dilarang berdasarkan hukum kemanusiaan internasional, menurut Konvensi Jenewa, militer Israel telah berulang kali menargetkan mereka. Kementerian Kesehatan mengatakan sekitar 1.500 pekerja medis juga terluka selama perang, sementara 309 orang masih ditahan di penjara-penjara Israel.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tragis, Dokter Bedah Ternama Gaza Tewas usai Disiksa di Penjara Israel"