Hagia Sophia

06 May 2024

Pelapor Kasus Boeing Meninggal Medadak di RS

Pesawat Boeing. (Foto: AP Photo/Ted S. Warren, File)

Seorang pelapor adanya pelanggaran berat di pesawat 737 MAX produksi Boeing meninggal dunia. Kematiannya tak lama setelah pelapor itu dinyatakan sakit dan dirawat intensif.

Joshua Dean (45) meninggal dunia pada Selasa (30/4/2024). Dia adalah mantan auditor kualitas di pemasok Boeing Spirit AeroSystems dan salah satu orang yang pertama kali melaporkan adanya cacat produksi pada pesawat 737 MAX.

Dean dirawat di rumah sakit setelah kesulitan bernapas. Dia diintubasi dan didiagnosis pneumonia juga infeksi serius sebelum meninggal dua minggu kemudian. Dia menerima beberapa diagnosis termasuk flu, pneumonia, dan MRSA, sehingga mendorong keluarganya untuk melakukan otopsi, kata pengacara Robert Turkewitz.

"Dia adalah individu yang sehat, makan dengan baik dan berolahraga," kata Turkewitz kepada NBC News. "Jadi rasanya aneh kalau dia pergi begitu cepat."

Dean diwakili oleh firma hukum yang sama yang mewakili pelapor Boeing John "Mitch" Barnett. Barnett, 62, ditemukan tewas pada bulan Maret karena luka tembak yang dilakukan sendiri.

Barnett menghabiskan hampir tiga dekade di Boeing, dan mengatakan kepada New York Times pada tahun 2019 bahwa dia telah menemukan "kumpulan atau serpihan logam" tergantung di kabel kendali penerbangan yang dapat menyebabkan kerusakan "bencana" jika menembus kabel.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Lagi-lagi Whistleblower Kasus Boeing Meninggal Mendadak, Sempat Kritis di RS"