Hagia Sophia

06 May 2024

Wanita Ini Terkejut Saat Diberitahu Kalau Punya Testis dan Kromosom Pria

Foto: Getty Images/iStockphoto/andrei_r

Setelah 27 tahun menjalani hidup sebagai perempuan, pemeriksaan mengejutkan terhadap seorang perempuan di China menunjukkan adanya testis di perutnya, yang berarti, secara biologis, dia adalah laki-laki.

Diberitakan SCMP, Li Yuan, dari provinsi Hubei di Tiongkok tengah, yang namanya diubah untuk melindungi identitasnya, khawatir tentang tidak adanya menstruasi dan keterlambatan perkembangan payudara sejak masa pubertas.

Dia pergi ke rumah sakit setempat ketika dia berusia 18 tahun dan didiagnosis dengan kadar hormon yang tidak normal dan potensi kegagalan ovarium. Dokter juga merekomendasikan tes kromosom lanjutan pada saat itu, namun Li dan keluarganya tidak menanggapi saran tersebut dengan serius.

Baru-baru ini, ketika Li sedang merencanakan pernikahannya, dia memutuskan untuk menjalani pemeriksaan menyeluruh.

Kali ini, Duan Jie, seorang dokter kandungan, mendiagnosis kelainan langka, hiperplasia adrenal kongenital (CAH). Setelah menunggu hasil tes selama sebulan dengan cemas, keputusan dokter pun terkonfirmasi.

Li memiliki kromosom seks laki-laki, tetapi terlihat perempuan.

"Secara sosial, Li adalah perempuan. Tapi secara kromosom, dia laki-laki," jelas Duan.

Hiperplasia adrenal kongenital memengaruhi pertumbuhan dan pengembangan normal anak. Gejala pada bayi mungkin termasuk genitalia yang ambigu pada anak perempuan dan penis membesar pada anak laki-laki.

Li terkejut dengan berita itu. Hidup sebagai seorang wanita selama 27 tahun, dia berjuang untuk menerima kebenaran. Hanya sekitar 1 dari 50.000 bayi baru lahir yang menderita CAH bentuk ini.

Kedua orang tua Li membawa gen resesif yang menyebabkan penyakit, sehingga Li memiliki peluang satu dari empat untuk menurunkan kelainan tersebut kepadanya. Karena kurangnya pengobatan dini, Li juga menderita osteoporosis dan kekurangan vitamin D, berdasarkan hasil tes.

Dokter menyarankan segera dilakukan operasi pengangkatan testis yang tersembunyi di perut Li karena berisiko tinggi terkena kanker. Pada awal April, Li berhasil menjalani operasi berbahaya dan organnya diangkat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jalani Pemeriksaan Pranikah, Wanita Ini Terkejut Punya Testis dan Kromosom Pria"