Hagia Sophia

01 March 2024

Kenapa Bulan Februari Miliki Tahun Kabisat? Ini Sejarahnya

Apa Jadinya Dunia Kalau Tidak Punya Tahun Kabisat? Simak Sejarahnya. Foto: Interesting Engineering

Kita mungkin terbiasa mendengar bahwa Bumi membutuhkan waktu 365 hari untuk melakukan satu putaran penuh. Nyatanya, perjalanan tersebut sebenarnya memakan waktu sekitar 365 seperempat hari. Ada peran tahun kabisat di sini.

Tahun kabisat, membantu menjaga kalender 12 bulan tetap selaras dengan pergerakan Bumi mengelilingi Matahari. Setelah empat tahun, sisa jam tersebut bertambah menjadi satu hari penuh. Pada tahun kabisat, kita menambahkan hari ekstra ini ke bulan Februari, menjadikannya 29 hari, bukan 28 hari biasanya.

Gagasan mengejar ketertinggalan tahunan sudah ada sejak zaman Romawi kuno, ketika masyarakat mempunyai kalender dengan 355 hari, bukan 365 hari, karena kalender tersebut didasarkan pada siklus dan fase Bulan.

Mereka memperhatikan bahwa kalender mereka tidak sinkron dengan musim, jadi mereka mulai menambahkan satu bulan tambahan, yang mereka sebut Mercedonius, setiap dua tahun untuk mengejar hari-hari yang hilang.

Pada tahun 45 SM, Kaisar Romawi Julius Caesar memperkenalkan kalender Matahari berdasarkan kalender yang dikembangkan di Mesir. Setiap empat tahun sekali, bulan Februari mendapat satu hari tambahan agar kalender tetap sejalan dengan perjalanan Bumi mengelilingi Matahari. Untuk menghormati Kaisar, sistem ini dikenal sebagai kalender Julian.

Tapi, seperti dikutip dari Science Alert, itu bukanlah perubahan terakhir. Seiring berjalannya waktu, orang-orang menyadari bahwa perjalanan Bumi tidaklah tepat 365,25 hari, melainkan membutuhkan waktu 365,24219 hari, yaitu sekitar 11 menit lebih sedikit. Jadi, menambahkan satu hari penuh setiap empat tahun sebenarnya merupakan koreksi yang lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Pada tahun 1582, Paus Gregorius XIII menandatangani perintah yang melakukan sedikit penyesuaian. Masih akan ada tahun kabisat setiap empat tahun, kecuali pada tahun 'abad', yakni tahun yang habis dibagi 100, seperti tahun 1700 atau 2100, kecuali tahun tersebut juga habis dibagi 400.

Ini mungkin terdengar seperti teka-teki, namun penyesuaian ini membuat kalender menjadi lebih akurat - dan sejak saat itu, kalender ini dikenal sebagai kalender Gregorian.

Jika tidak ada tahun kabisat

Jika kalender tidak melakukan koreksi kecil setiap empat tahun, secara bertahap kalender akan menjadi tidak selaras dengan musim.

Selama berabad-abad, hal ini dapat menyebabkan titik balik Matahari dan ekuinoks terjadi pada waktu yang berbeda dari perkiraan. Cuaca musim dingin mungkin sesuai dengan kalender yang menunjukkan musim panas, dan petani mungkin bingung kapan harus menanam benih.

Kalender lain di seluruh dunia memiliki cara tersendiri dalam mengatur waktu. Kalender Yahudi yang diatur oleh Bulan dan Matahari ibarat teka-teki besar dengan siklus 19 tahun. Sesekali, pemerintah menambahkan bulan kabisat untuk memastikan perayaan khusus terjadi pada waktu yang tepat.

Kalender Islam bahkan lebih unik lagi karena mengikuti fase Bulan dan tidak menambahkan hari tambahan. Karena satu tahun lunar hanya terdiri dari 355 hari, tanggal-tanggal penting dalam kalender Islam berpindah 10 hingga 11 hari lebih awal setiap tahunnya dalam kalender Matahari.

Misalnya Ramadan, bulannya umat Islam menjalankan ibadah puasa, jatuh pada bulan kesembilan dalam kalender Islam. Pada tahun 2024, akan berlangsung sekitar 11 Maret hingga 9 April, pada tahun 2025 terjadi pada 1-29 Maret, dan pada tahun 2026 akan dirayakan pada 18 Februari hingga 19 Maret.

Belajar dari planet-planet

Astronomi bermula sebagai cara untuk memahami kehidupan kita sehari-hari, menghubungkan peristiwa di sekitar kita dengan fenomena langit. Konsep tahun kabisat memberikan contoh bagaimana, sejak dini, manusia menemukan keteraturan dalam kondisi yang terkesan kacau.

Peralatan yang sederhana, tidak canggih namun efektif, yang lahir dari ide-ide kreatif para astronom dan visioner zaman dahulu, memberikan gambaran sekilas untuk memahami alam yang menyelimuti kita. Beberapa metode kuno, seperti astrometri dan daftar objek astronomi, masih bertahan hingga saat ini, mengungkapkan esensi abadi dari upaya kita untuk memahami alam.

Orang-orang yang melakukan penelitian di bidang fisika dan astronomi, pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu tentang cara kerja alam semesta dan asal usul kita.

Pekerjaan ini menarik dan sangat merendahkan hati, dan terus mengingatkan skema teramat besar, dan hidup kita hanya menempati satu detik dalam ruang dan waktu yang sangat luas, bahkan di tahun kabisat ketika manusia menambahkan hari ekstra tersebut.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Apa Jadinya Dunia Jika Tak Punya Tahun Kabisat? Simak Sejarahnya"