Hagia Sophia

01 March 2024

Jadi Orang Kelima, Pria Ini Sembuh dari HIV dan Leukimia

Foto: iStock

Seorang pria di California, Amerika Serikat (68) menjadi orang kelima di dunia yang akhirnya sembuh dari Human Immunodeficiency Virus (HIV). Tidak hanya HIV, pria bernama Paul Edmonds juga terbebas dari penyakit kanker darah yang sebelumnya ia idap.

"Banyak dokter, ilmuwan, perawat, profesional perawatan suportif di klinik City of Hope, dan lainnya yang memungkinkan saya sembuh dari leukemia dan mendapatkan remisi HIV," ucap Paul dikutip dari NY Post, Rabu (28/2/2024).

Semua berawal dari tahun 1988 ketika Paul pertama kali mengidap HIV-AIDS. Ia mengungkapkan saat itu ada banyak temannya yang meninggal dunia imbas penyakit tersebut.

Pada 1997, ia memulai pengobatan terapi antiretroviral yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kala terinfeksi HIV-AIDS. Terapi ini dapat membuat virus menjadi tidak terdeteksi dan tidak menular.

Selain terapi antiretroviral, pada tahun 2012 Paul juga mendapatkan obat terapi pre-exposure prophylaxis (PrEP). Obat ini dapat mengurangi risiko penularan HIV melalui hubungan seksual hingga 99 persen. Kombinasi obat yang ia konsumsi membuat Paul tetap bisa hidup meskipun virus tersebut masih ada di dalam tubuhnya.

Tidak hanya sampai di situ, pada 2018 Paul juga didiagnosis mengidap kanker darah atau leukemia oleh dokter. Ia lantas juga harus menjalani perawatan kemoterapi untuk mengatasi kondisinya itu.

Setelah itu dia mendapatkan terapi sel punca untuk mengobati kankernya yang melibatkan penggantian sel punca yang rusak akibat kemoterapi dengan sel punca sehat dari donor. Dokter mengungkap peluang unik dengan menemukan donor dengan mutasi genetik yang resisten terhadap HIV.

Donor sel punca yang diberikan kepadanya memiliki dua salinan mutasi genetik langka yang disebut CCR5 delta-3 yang membuat orang kebal terhadap HIV. Hanya satu hingga dua persen populasi yang mengalami mutasi ini.

Paul baru akan dianggap sembuh setelah menghentikan terapi antiretroviral selama lima tahun. Ini sudah memasuki tahun ketika semenjak Paul untuk terakhir kalinya mengonsumsi obat tersebut.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bak Keajaiban! Pria Sembuh dari HIV dan Leukemia Sekaligus, Ini Pengobatannya"