Hagia Sophia

16 January 2023

Kapankah Berakhirnya Tata Surya Kita? Ini Menurut Sains

Berakhirnya Tata Surya Kita Menurut Sains. Foto: iStock

Memprediksi masa depan adalah hal yang berisiko dalam sains. Tetapi jika kita melihat evolusi jangka panjang Tata Surya, para astronom dan ilmuwan planet memiliki gagasan yang masuk akal tentang bagaimana hal itu akan berjalan dengan baik dan berakhir.

Berdasarkan perhitungan statistik, kita bisa memperkirakan peristiwa tertentu terjadi. Matahari kita, adalah bintang tipe-G yang saat ini disebut deret utama. Ini berarti bahwa ia menggabungkan hidrogen pada intinya dan mengubahnya menjadi helium.

Dikutip dari IFL Science, saat ini usia Matahari boleh dibilang sudah separuh baya. Ia telah bersinar selama sekitar 5 miliar tahun. Apa yang terjadi selanjutnya pada Matahari, sudah terlihat di banyak bintang lainnya.

Lebih panas, lebih besar, dan lebih merah

Selama 5 miliar tahun ke depan, Matahari akan semakin panas. Prosesnya akan lambat, tapi pasti akan memengaruhi Tata Surya. Bumi pun tentunya akan terpengaruh dengan berbagai cara.

Peningkatan suhu akan menyebabkan peningkatan pelapukan silikat, yang akan memperlambat siklus karbon. Ini akan berdampak pada banyak tumbuhan meski tidak semua. Adapun tumbuhan yang tersisa, tidak akan bertahan lama. Akhirnya, tidak akan ada lagi tumbuhan dan rantai makanan akan runtuh. Itu bisa terjadi dalam waktu sekitar 600 juta tahun.

Dalam satu miliar tahun, Matahari akan menjadi 10% lebih terang, menyebabkan efek rumah kaca yang tak terkendali yang menyebabkan penguapan semua samudra. Setelah itu, dalam selang miliaran tahun, lempeng tektonik dan seluruh siklus karbon akan berhenti, dan Bumi akan menjadi seperti Venus yang baru.

Bumi akan sangat panas sehingga bisa melelehkan timah. Dan sejauh ini, Matahari semakin terang. Ilmuwan memperkirakan, sebentar lagi Matahari juga akan semakin besar.

Saat Matahari kehabisan hidrogen untuk melebur pada intinya, ia tidak akan berada dalam kesetimbangan lagi. Energi yang dilepaskan oleh fusi nuklir menyeimbangkan berat Matahari. Tanpa fusi, inti akan mulai berkontraksi, membawa hidrogen baru ke wilayah berbentuk cangkang dengan suhu dan tekanan yang cukup tinggi untuk meleburkannya.

Proses ini memiliki efek dramatis pada bintang seperti Matahari. Lapisan luar mereka mengembang secara dramatis. Mereka kemudian menjadi Raksasa Merah. Saat giliran Matahari mengalami ini, ia akan cukup lebar untuk mengembang ke orbit Merkurius dan Venus, mencapai dekat Bumi.

Merkurius menghilang

Ada kemungkinan kecil bahwa planet terkecil mungkin memulai permainan 'biliar' kosmik sebelum Matahari memutuskan untuk memakannya. Dalam beberapa miliar tahun terakhir, delapan planet kanonis dan ribuan benda kecil di Tata Surya telah mengorbit Matahari.

Ada kemungkinan semua ini bisa berubah dalam 5 miliar tahun ke depan. Dan di tengah 'drama' orbit ini, ada Merkurius. Ada 1% kemungkinan bahwa planet kecil itu dapat ditarik keluar dari orbitnya saat ini sebelum fase Raksasa Merah.

Hal ini mengarah pada serangkaian skenario, mulai dari tabrakan dengan Venus dan bahkan Bumi, hingga diluncurkan ke Matahari, atau bahkan terlempar keluar dari sistem Tata Surya.

Tidak ada solusi yang tepat untuk masalah gravitasi yang begitu kompleks. Tetapi pendekatan yang berbeda untuk mensimulasikan skenario masa depan, dengan asumsi yang berbeda tentang pemain besar dan kecil yang akan berperan, telah berulang kali menunjukkan bahwa stabilitas Tata Surya tidak dapat dipertahankan.

Akhir Tata Surya

Bumi dan Mars kemungkinan besar akan berputar ke Matahari, sedangkan planet lainnya akan terdorong keluar. Lapisan terluar Matahari begitu longgar oleh gravitasi bintang sehingga mereka mulai tertiup angin, membentuk nebula planet. Matahari akan kehilangan massa dan raksasa gas akan berada di orbit yang semakin lebar, semakin dekat dengan menggandakan jaraknya ke Matahari.

Matahari pada akhirnya akan menerbangkan semua lapisannya dan memperlihatkan intinya yang menciut, dan menjadi objek bintang baru yang kita sebut katai putih. Setelah kehilangan sebagian besar massanya, Matahari katai putih tidak akan dapat mempertahankan planet yang tersisa selamanya.

Sebuah bintang yang terlalu dekat akan cukup mengganggu setidaknya tiga dari empat raksasa. Tata Surya mungkin hanya akan meninggalkan Jupiter. Berdasarkan hasil simulai, peristiwa semacam ini akan terjadi dalam 30 miliar tahun, menyebabkan hilangnya tiga planet dalam 10 miliar tahun.

Simulasi menunjukkan bahwa planet terakhir mungkin bertahan cukup lama, tetapi pada akhirnya akan terdorong keluar melalui pertemuan dengan bintang lain.

Mungkin di masa depan yang jauh itu, seorang astronom dari dunia alien akan melihat katai putih yang dulunya merupakan Matahari di Tata Surya kita, dan bertanya-tanya apakah pernah ada kehidupan yang disinari cahaya dari bintang mati itu.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Berakhirnya Tata Surya Kita Menurut Sains"