Hagia Sophia

16 January 2023

Dampak Hamil Diluar Nikah, Banyak Remaja Ponorogo Nikah Dini

Ilustrasi hamil di usia muda (Foto: Getty Images/iStockphoto/globalmoments)

Baru-baru ini, Pengadilan Agama (PA) Ponorogo mendapat permohonan pernikahan dini sebanyak 184. Sebanyak 125 perkara dikabulkan atas alasan hamil dan melahirkan. Sisanya dikabulkan karena anak lebih memilih menikah karena sudah berpacaran daripada melanjutkan sekolah.

Pernikahan dini disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kondisi ekonomi keluarga yang serba kekurangan, usaha untuk terhindar dari sebutan 'perawan tua', dan desakan orang tua agar menghindari atau 'memperbaiki' kesalahan karena terlanjur melakukan pergaulan bebas yang berujung kehamilan.

Dikutip dari laman Kemenkes, pernikahan dini dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang membahayakan fisik dan psikologis.

Secara fisik, kondisi rahim yang masih lemah dan sel telur yang belum sempurna memungkinkan anak terlahir prematur hingga cacat.

Secara psikologis, emosi anak yang baru beranjak remaja masih belum stabil dan sedang mencari jati diri. Jika mengalami konflik dalam rumah tangga, pasangan yang tidak mengendalikan diri dan emosi akan menyebabkan perceraian.

Ketidakstabilan emosi juga berpengaruh terhadap pola asuh orang tua terhadap anak. Bayi yang baru dilahirkan bagaimanapun harus tumbuh di lingkungan yang harmonis dan aman.

Dikutip dari laman BKKBN, Kepala BKKBN Dr.(HC) dr Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mengatakan kehamilan di luar nikah berpotensi mengakibatkan bayi menjadi stunting. Dikutip dari laman Kemenkes, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Stunting ditandai dengan panjang atau tinggi badan yang berada di bawah standar.

"Yang memengaruhi anak jadi stunting ternyata tidak hanya asi, tidak hanya penyakit dan nutrisi tetapi juga jarak anak yang terlalu dekat, jumlah anak yang terlalu banyak, umur ibu yang terlalu muda atau terlalu tua," terang dr Hasto dalam webinar Health Talk: "Let's Talk About Sex Education."

Remaja adalah generasi penerus bangsa. Dr Hasto berharap para remaja dapat menjadi bonus demografi yang unggul dan meningkatkan kesejahteraan Indonesia. Oleh sebab itu, ia berpesan agar jangan sampai ada kehamilan tidak terencana. Remaja pun perlu mempersiapkan diri sebelum berkeluarga di saat yang tepat.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bahaya Hamil di Luar Nikah, Sebabkan Ratusan Remaja di Ponorogo Menikah Dini"