Hagia Sophia

16 January 2023

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pengidap Kolesterol

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi pengidap kolesterol (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Pengidap kolesterol tinggi sebaiknya memperhatikan pola hidup sehat, termasuk menghindari beberapa makanan yang tidak boleh dimakan pengidap kolesterol. Sebab kambuhnya kolesterol tinggi kerap kali dipicu oleh makanan berlemak tinggi, misalnya gorengan.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memicu kolesterol dapat memicu datangnya penyakit serius, seperti jantung dan stroke. Karenanya, pengidap perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Kolesterol

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, beberapa makanan di bawah ini merupakan daftar jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan.

1. Gorengan
Makanan yang diolah dengan cara digoreng bisa dipastikan mengandung kolesterol. Terlebih, bila digoreng dengan menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali.

2. Otak Sapi dan Jerohan
Kandungan kolesterol dalam 10 gram otak sapi bisa sampai 2.500 mg. Sebaiknya kurangi makanan-makanan yang bersumber dari makanan hewani yang memiliki lemak jenuh tinggi. Tambahkan makanan yang lebih sehat seperti ikan, sayuran, dan jenis makanan sehat lainnya.

3. Kuning Telur
Kuning telur diketahui memiliki kandungan kolesterol yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol sekitar 1200 miligram atau 400 persen lebih, jika dibandingkan dengan kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya.

4. Butter
Dalam 100 mg butter memiliki kandungan kolesterol sekitar 215 mg, dan 1 sendok makan butter mengandung 20 mg kolesterol. Pengidap harus memperhatikan ketika mengonsumsi makanan yang mengandung butter seperti roti, kue, dan makanan lainnya.

5. Udang
Udang diketahui memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Setidaknya 195 mg kolesterol terkandung dalam setiap 100 mg udang. Kandungan kolesterol dalam satu ons udang setidaknya ada 55 mg dan satu ekor udang yang cukup besar memiliki kandungan kolesterol sekitar 11 mg.

6. Makanan Cepat Saji
Kandungan kolesterol pada makanan cepat saji memiliki tingkat yang cukup tinggi. Di dalam makanan cepat saji umumnya terdapat kandungan minyak jenuh yang menjadikan makanan cepat saji tersebut tinggi akan kolesterol. Lemak jenuh ini terbentuk dari adanya penambahan hidrogen pada minyak sayur yang digunakan untuk untuk menggoreng makanan cepat saji.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Kolesterol, Termasuk Gorengan"