Hagia Sophia

16 January 2023

Kemenkes: Jangan Konsumsi Jajanan yang Diolah dengan Nitrogen Cair

Ilustrasi ice smoke. (Foto: Getty Images/iStockphoto/manustart)

Hasil penelusuran epidemiologi Kemenkes RI menunjukkan total ada 29 anak dikaitkan kasus keracunan chiki ngebul. Hanya 10 di antaranya yang bergejala yakni satu kasus di Ponorogo, tujuh kasus di Tasik, satu kasus di Bekasi, dan satu lainnya masih diverifikasi di Jawa Timur.

"Yang tidak bergejala ada 16 di Tasik dan tiga di Bekasi," sebut dr Nadia kepada detikcom Kamis (11/1/2023).

dr Nadia menjelaskan pencatatan kasus tidak bergejala adalah hasil dari skrining bilamana risiko keracunan juga menyerang anak lain yang mengonsumsi chiki ngebul. Beberapa korban keracunan chiki ngebul akibat diolah dengan nitrogen cair mengeluhkan efek serius, bahkan organ dalam rusak akibat sisa nitrogen diyakini tertelan.

Karenanya, Kemenkes RI mengimbau warga lebih baik menghindari jajanan serupa yang diolah dengan nitrogen cair, sebagai kehati-hatian. "Jadi sesuai dengan surat edaran Kemenkes RI, maka saat ini kami merekomendasikan tidak menggunakan nitrogen cair pada pangan siap saji, terutama pada jajanan," pesan Direktur Penyehatan Lingkungan (PL) Kemenkes, Anas Ma'ruf.

Terkait penggunaan bahan nitrogen cair di makanan, BPOM RI sudah memberikan pedoman bagaimana pengolahan yang benar dilakukan. Nitrogen cair ini sifatnya hanya sebagai penolong di makanan, bukan untuk kemudian dikonsumsi atau asapnya terhirup seperti di jajanan chiki ngebul.

"Standarnya tentu harus food grade," beber Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI, Rita Endang saat ditemui detikcom di Kantor BPOM RI, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2023).

Belum lagi cara penyimpanan yang baik soal nitrogen cair, sehingga tidak bisa asal atau sembarang menggunakan dan menjual.

"Harus mengikuti pelatihan dulu. Harus punya kompetensi, bagaimana menangani nitrogen cair tersebut. Kedua, harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Matanya ditutup, kemudian mukanya, harus pakai sarung tangan, pakai sepatu, pakai jas, karena dingin sekali," beber Rita.

Jika tidak diterapkan, efek bahayanya bisa seperti sejumlah kasus keracunan chiki ngebul. Satu anak di Bekasi misalnya, mengalami lambung bocor dan harus menjalani operasi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenkes Imbau Warga Tak Konsumsi Jajanan Diolah Nitrogen Cair"