Hagia Sophia

08 June 2023

Viral, Wanita Ini Tidak Bisa Rasakan Nyeri Selama Hidupnya

Ilustrasi mutasi genetik. (Foto: Thinkstock)

Kisah aneh wanita yang tidak bisa merasakan sakit, cemas, panik, hingga stres selama hidupnya viral. Adalah Jo Cameron yang menceritakan bagaimana kesehariannya terlihat tidak biasa bagi manusia pada umumnya.

Bagaimana tidak, dirinya sempat mengalami patah kaki, luka bakar, hingga melakukan persalinan juga operasi bedah minim tindakan, tanpa perlu obat pereda nyeri. Terkadang, ia merasa ada yang salah dengan tubuhnya bukan karena rasa sakit muncul, melainkan perubahan fisik yang terlihat secara kasat mata.

Misalnya, saat ia baru-baru ini merasa berjalan agak miring. Pinggulnya terasa bakal goyah, ia kemudian melakukan rontgen mengidentifikasi kemungkinan pemicunya.

Siapa sangka, hasil X-ray menunjukkan kerusakan sendi parah. Banyak dokter dan tenaga medis bertanya apakah dirinya mengeluhkan gejala sebelumnya. Jo tentu saja menjawab tidak.

"Saya tidak merasa sakit. Mereka tidak bisa mempercayainya," tutur wanita asal Skotlandia itu, dikutip dari The Guardian.

"Saya tahu bahwa saya senang-pergi-beruntung, tetapi saya tidak sadar bahwa saya berbeda," katanya.

Dirinya juga tidak pernah panik, ketika seorang pengemudi van tiba-tiba menabrak dirinya di jalan raya dua tahun lalu, dia hanya keluar dari mobilnya seolah tidak ada yang terjadi. Dia hanya memperhatikan memar yang muncul di tubuhnya.

Setelah dilarikan ke rs, dirinya menjalani tes stres dan depresi, hasilnya juga menunjukkan angka nol, yang berarti ia tidak sedang dalam fase tersebut

"Saya pikir itu hanya saya. Saya tidak tahu ada hal aneh yang terjadi sampai saya berusia 65 tahun."

Devjit Srivastava, yang mengawasi perawatannya di rumah sakit Raigmore di Inverness, sangat terkejut sehingga dia merujuknya ke spesialis nyeri di UCL London.

Dalam laporan kasus yang diterbitkan pada hari Kamis di British Journal of Anaesthesia, tim UCL menjelaskan bagaimana mereka menyelidiki DNA Cameron untuk melihat apa yang membuatnya begitu tidak biasa.

Mereka menemukan dua mutasi penting. Bersama-sama, keduanya menekan rasa sakit dan kecemasan, sambil meningkatkan kebahagiaan dan, tampaknya, kelupaan dan penyembuhan luka.

Mutasi pertama yang ditemukan para ilmuwan umum terjadi pada populasi umum. Itu meredam aktivitas gen yang disebut FAAH. Gen tersebut membuat enzim yang memecah anandamide, zat kimia dalam tubuh yang penting untuk sensasi nyeri, suasana hati, dan ingatan. Anandamide bekerja dengan cara yang mirip dengan bahan aktif ganja. Semakin sedikit dipecah, semakin terasa analgesik dan efek lainnya.

Mutasi kedua adalah potongan DNA yang hilang yang membingungkan para ilmuwan pada awalnya. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa 'penghapusan' memotong bagian depan gen terdekat yang sebelumnya tidak diketahui yang oleh para ilmuwan disebut FAAH-OUT. Para peneliti berpikir gen baru ini bekerja seperti pengatur volume pada gen FAAH.

Hasilnya adalah anandamide, cannabinoid alami, terbentuk di dalam sistem. Cameron memiliki anandamide dua kali lebih banyak daripada populasi umum

Ketika para peneliti menjelaskan mutasi tersebut kepada Cameron, banyak masa lalunya yang lebih masuk akal. Saat dia mematahkan lengannya saat berusia delapan tahun dan tidak memberitahu siapapun selama berhari-hari, sampai tulangnya mulai diatur ulang.

Dirinya juga bisa makan cabai scotch bonnet dan hanya merasakan sedikit sensasi di mulutnya, tanpa nyeri. Dia selalu menyetrika dirinya sendiri, dan banyak luka bakarnya sembuh dengan sangat cepat.

"Saya cukup terhibur ketika mengetahuinya," kata Cameron.

"Dan kemudian mereka memberitahu saya tentang hal-hal lain ini, kebahagiaan dan kelupaan. Saya selalu melupakan banyak hal; Saya selalu melakukannya. Ini bagus dalam banyak hal tetapi tidak dalam hal lain. Saya tidak mendapatkan sistem alarm yang didapatkan orang lain," cerita dia.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Aneh Tapi Nyata, Kisah Wanita Tak Bisa Rasakan Nyeri, Panik, Stres Selama Hidupnya"