Hagia Sophia

08 June 2023

Manfaat Push-up untuk Pria dan Wanita

Foto: thinkstock

Push up merupakan salah satu olahraga tanpa biaya namun memiliki manfaat luar biasa jika dilakukan secara teratur. Manfaat push up yakni dapat membuat tubuh kuat, sehat, dan bugar, baik untuk pria maupun wanita.

Di bawah ini akan kita ulas sejumlah manfaat push up bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, kamu harus tahu bagaimana melakukan push up, baik dari segi waktu maupun caranya.

7 Manfaat Push Up

Dilansir dari situs Mindbodygreen dan Skalefitness, berikut adalah manfaat kesehatan dan kebugaran dari push up.

1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh Bagian Atas
Sudah bukan rahasia jika push up adalah olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas. Tubuh bagian atas ini termasuk dada, otot lengan bagian depan dan belakang lengan (bisep dan trisep), bahu, dan punggung atas.

Bagi wanita, push up juga dapat mengencangkan dada. Akan tetapi ini bukan mengenai memperbesar atau mengecilkan payudara. Karena ukuran dada lebih banyak berhubungan dengan faktor genetik, hormon, dan lemak dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kekuatan Inti dan Stabilitas
Tak cuma meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas, push up juga dapat meningkatkan kekuatan inti serta stabilitas tubuh. Dengan melakukannya secara benar dan teratur, push up dapat menjadi pembangkit tenaga tubuh agar lebih kuat dan stabil.

3. Latihan Kardio
Push up juga dapat berfungsi sebagai latihan kardio untuk melatih jantung untuk memompa darah lebih cepat. Untuk latihan kardio, lakukan push lebih cepat. Kamu mungkin akan kehabisan napas, sehingga harus istirahat cukup di setiap set.

4. Menyehatkan Jantung
Melakukan push up dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Lebih banyak repetisi yang bisa kamu lakukan, maka risiko mengalami penyakit jantung akan lebih rendah. Pria dapat melakukan 40 kali push up dalam 30 detik.

5. Menguatkan Tulang
Selain menguatkan tulang dan jantung, push up dapat menguatkan tulang. Tulang yang sehat dapat mencegah cedera, osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. Hal ini penting, terutama agar tubuh tetap bugar di masa tua nanti.

6. Memperbaiki Postur Tubuh
Jika kamu memiliki masalah postur tubuh, cobalah melakukan push up secara teratur. Push up dapat memperbaiki bahu bungkuk atau tulang belakang membungkuk. Badanmu lama kelamaan akan terlihat tegap.

7. Menurunkan Berat Badan
Push up menjadi olahraga gratis yang berfungsi untuk menurunkan berat badan. Push up dapat membakar 5,45 kalori setiap menit untuk rata-rata orang dengan berat badan 68 kg. Namun penurunan berat badan ini bisa optimal dengan diet makanan yang tepat.

Bagaimana Melakukan Push Up yang Tepat?

Kamu bisa mendapatkan manfaat push up secara optimal dengan melakukan push up dengan cara yang tepat. Berikut beberapa cara push up dengan tepat seperti dilansir dari WebMD.
  1. Mulai dengan posisi telungkup dengan tubuh lurus, lalu letakkan telapak tangan rata di tanah sejajar dengan bahu hingga tubuh terangkat.
  2. Pastikan punggung lurus dan berat badan Anda tersebar merata.
  3. Pastikan tulang belakang sejajar dari leher hingga ke bawah.
  4. Mulai turunkan tubuh ke tanah hingga siku membentuk sudut 90 derajat. Lalu dorong kembali ke posisi semula.
  5. Untuk mendapatkan hasil terbaik, turunkan tubuh secara perlahan sekitar 2 detik lalu dorong ke atas dengan cepat sekitar 1 detik.
Bagi pemula, kamu dapat memulai dengan 1-2 set dengan jumlah 8-10 push up setiap set. Kamu bisa meningkatkan frekuensi seiring waktu. Dengarkan juga tubuhmu, jika sudah kelelahan maka kamu harus mengistirahatkan badan agar tidak mengalami cedera.

Nah itulah tadi telah kita ketahui manfaat push up untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, baik bagi wanita maupun pria. Lakukan dengan cara yang tepat dan teratur untuk mendapatkan hasil optimal.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Manfaat Push Up untuk Pria dan Wanita, serta Cara Melakukannya"