Hagia Sophia

08 June 2023

Update COVID-19: 8 Juni 2023 Kasus COVID-19 Bertambah 254 dan 4 Meninggal

istimewa

Corona di Indonesia per hari ini bertambah 254 kasus baru, sehingga total akumulasi sejak wabah merebak mencapai 6.809.631. Sementara kasus sembuh bertambah 392 dan pasien meninggal tercatat sebanyak empat jiwa.

Pasien yang memerlukan perawatan saat ini berada di angka 10.788 kasus, total spesimen sebanyak 14.403 dan suspek 1.120.

Asal-usul merebaknya virus Corona masih jadi teka-teki. Seorang ahli virologi terkemuka yang berbasis di Institut Virologi Wuhan, Dr Shi Zhengli, membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk meneliti virus Corona yang disebut-sebut, bersumber dari kelelawar.

Dr Shi dan sejumlah pihak terkait dari Beijing bersikeras menyangkal kemungkinan COVID-19 bermula dari kegagalan percobaan di laboratorium. Namun kini, salah satu rekannya mengungkapkan Dr Shi sempat takut akan kemungkinan virus Corona betul-betul bersumber dari laboratorium di Wuhan.

Profesor Wang Linfa, yang dijelaskan oleh BBC sebagai rekan Dr Shi, mengatakan ilmuwan menghabiskan 'malam tanpa tidur' demi menelusuri sampel virus beku di Institut Virologi Wuhan (WIV). Mereka sempat takut, ada kemungkinan virus Corona memang bertelur di dalam aula fasilitas. Namun menurutnya, ketakutan tersebut tak kunjung terbukti.

Kabar tersebut menggambarkan bagaimana para ilmuwan asal China yang sebelumnya gigih menyangkal kemungkinan hipotesis kebocoran laboratorium, ternyata diam-diam mengeksplorasi kemungkinan awal wabah.

Ahli penyakit menular baru yang berbasis di Singapura, Profesor Wang, bekerja sebagai profesor kehormatan di WIV. Ia bekerja sama dengan tim di WIV pada Januari 2020, karena kasus COVID-19 baru mulai muncul di Wuhan.

Dalam acara 'Fever: The Hunt for Covid's Origin, serial BBC Radio 4', Profesor Wang menyebut Dr Shi sangat prihatin dengan temuannya, bahwa virus Corona yang mirip dengan yang dipelajari WIV menyebar di kota tempat laboratorium itu berada.

"Hal yang ada di pikirannya adalah 'apa yang terjadi jika ada sampel di labnya yang dia tidak tahu memiliki virus yang telah mencemari sesuatu dan keluar'," katanya, dikutip dari Daily Mail, Rabu (7/6/2023). Sembari ia menambahkan, Dr Shi sempat memeriksa semua sampel untuk memastikan, tidak ada virus di laboratoriumnya yang mendekati SARS-CoV-2.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update COVID-19 RI 8 Juni: Tambah 254 Kasus Baru, Kasus Aktif 10.788"