Hagia Sophia

19 February 2023

Ini Terapi untuk Anak Autisme, Bukan dengan Kekerasan

Ilustrasi. Terapi untuk anak dengan autisme seharusnya berjalan tanpa kekerasan. (Istockphoto/ Lovleah)

Sebuah video yang memperlihatkan terapis menjepit seorang anak dengan kedua kakinya viral di media sosial. Anak yang disebut-sebut menderita autism spectrum disorder (ASD) itu tampak kesakitan, sementara si terapis malah asyik bermain ponsel bahkan tertidur.

Korban disebut-sebut tengah menjalani terapi wicara untuk anak dengan autisme. Kejadian yang disebut-sebut terjadi di Depok, Jawa Barat itu kini tengah diusut oleh aparat kepolisian.

Lantas, bagaimana seharusnya terapi wicara untuk anak dengan autisme dilakukan? Apakah menjepit dengan kedua kaki merupakan salah satu cara terapi untuk anak autis?

Psikolog anak Mira D. Amir menyebut terapi wicara yang diberikan terhadap anak dengan autisme seharusnya tak disertai kekerasan. Seorang terapis seharusnya paham bagaimana menghadapi anak dengan autisme yang terkadang kesulitan untuk fokus pada satu atau lain hal.

"Sangat disayangkan. Seharusnya tidak memakai kekerasan, karena terapi, kan, untuk meningkatkan kemampuan adaptasi, bukan untuk menyiksa," kata Mira saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (16/2).

Anak dengan autisme, kata Mira, memang sering kesulitan untuk mematuhi seseorang, termasuk patuh kepada terapis. Tapi hal ini bukan serta merta memperbolehkan terapi untuk melakukan tindak kekerasan terhadap mereka.

Memang, salah satu kegiatan yang biasa dilakukan saat terapi adalah 'menjepit' atau 'menahan' anak di antara meja. Mira mengatakan bahwa posisi ini dilakukan untuk membuat anak lebih fokus saat melakukan terapi.

Biasanya terapis memiliki alat mirip meja yang memiliki ruang kosong di tengahnya. Anak akan dibiarkan berada di ruang kosong tersebut, tapi tentu saja dilakukan tanpa kekerasan dan unsur pemaksaan.

"Diminta pelan-pelan untuk masuk. Kuncinya itu, ya, agar anak fokus saja, bukan untuk menyakiti. Dan ini juga tidak boleh dipaksa," kata dia.

Terapi wicara untuk anak autis adalah kesabaran. Para terapis seharusnya sudah memiliki lisensi atau sertifikasi terapi wicara untuk anak dengan autisme. Hal ini dibutuhkan sebagai bekal menghadapi anak-anak dengan autisme yang sulit mematuhi atau menerima arahan orang lain.

Ilustrasi. Terapi wicara untuk anak dengan autisme tak seharusnya dilakukan dengan kekerasan, (Astari Kusumawardhani)

Terapis harus memahami keinginan anak. Mereka harus dibuat nyaman dan percaya bahwa apa yang dilakukan berguna dan untuk kepentingannya.

"Idealnya itu, si anak harus dibuat nyaman dengan situasi. Dan itu tidak bisa cepat, semua harus perlahan dan memang cukup lama," kata Mira.

Terapi wicara untuk anak autis juga harus dilakukan setiap hari. Dengan waktu normal dua hingga tiga jam setiap harinya.

Saat memberikan terapi, terapis wicara juga tidak boleh memaksakan kehendak. Jika anak sudah enggan, bosan, atau bahkan tantrum, kegiatan harus dihentikan. Kenyamanan anak dengan autisme adalah hal utama.

"Karena kalau sudah nyaman, mereka percaya. Kalau sudah percaya, mereka akan mau mengikuti instruksi terapisnya," kata dia.























Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Bukan dengan Kekerasan, Begini Seharusnya Terapi untuk Anak Autisme"