Hagia Sophia

19 February 2023

Tips Menjaga Organ Intim Wanita Agar Tetap Terjaga

Cara menjaga kesehatan vagina (Foto: Getty Images/Diane Labombarbe)

Menjaga kesehatan organ vagina merupakan hal yang penting dilakukan. Namun, hal ini seringkali terabaikan dan masih dianggap remeh.

Organ intim yang terawat dengan baik dapat mencegah munculnya berbagai macam permasalahan kesehatan, terutama penyakit pada vagina. Selain itu, penyakit pada vagina juga dapat turut memengaruhi kesehatan organ reproduksi.

Berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina, wanita wajib catat ya!

1. Konsumsi Makanan Bernutrisi
Layaknya tubuh, organ vital juga membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang memenuhi untuk dapat bekerja secara optimal. Sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi adalah:
  • Antioksidan: Bayam, wortel, jahe, kacang kedelai
  • Vitamin E: Brokoli, alpukat, kacang almon
  • Vitamin C: Jeruk, beri, kentang
  • Omega 3: Produk ikan, seperti sarden, teri, tuna, dan salmon
  • Omega 6: Tahu, telur, kacang kenari, kacang mede
  • Protein: Daging ayam, daging sapi, susu, produk olahan susu, jambu merah, pisang
  • Probiotik: Tempe hingga yogurt
2. Pastikan Kebersihan Vagina Selalu Terjaga
Vagina perlu dibersihkan secara rutin setiap habis buang air kecil atau buang air besar. Adapun bagian vagina yang perlu dibersihkan, yakni vulva atau bibir vagina. Hal ini dikarenakan bagian dalam vagina adalah organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Jangan lupa untuk menerapkan cara membersihkan yang benar dan mengeringkan vagina sebelum menggunakan celana dalam.

Hindari juga penggunaan sabun yang mengandung parfum karena dapat berpotensi mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik di vagina.

3. Gunakan Cukuran Tajam saat Mencukur Rambut di Sekitar Vagina
Penggunaan cukuran yang tumpul dapat menimbulkan iritasi pada area vagina. Bila mengalami iritasi pada vagina setelah mencukur, hindari penggunaan produk berparfum.

4. Waspadai Jika Vagina Alami Tanda Seperti Ini
Kesehatan vagina dapat diamati dari sejumlah tanda-tanda, seperti bau, wujud, dan keputihan atau cairan yang dikeluarkan dari vagina. Bila mengeluarkan bau tidak sedap, terlihat berbeda dari biasanya, atau mengeluarkan keputihan yang tidak biasa, maka dapat menandakan kondisi kesehatan vagina yang bermasalah.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dear Wanita, Rahasia Miss V Sehat Bisa Dijaga dengan Cara Ini"