Hagia Sophia

19 February 2023

Liga Italia: Monza Kalah dari AC Milan 0-1

AC Milan menang 1-0 di kandang Monza (Getty Images/Giuseppe Cottini)

AC Milan harus susah payah meraih tiga poin di kandang Monza. Rossoneri menang 1-0 lewat gol Junior Messias.

Pada pertandingan yang dihelat di U-Power Stadium, Minggu (19/2/2023) dini hari WIB, Messias membuat satu-satunya gol pada menit ke-31.

Tambahan tiga poin membuat Milan kukuh di posisi kedua klasemen Serie A dengan 44 poin, kalah selisih gol dari Inter Milan di posisi kedua dan berselisih 18 poin dari Napoli di puncak.

Monza di posisi ke-11 dengan 29 poin.

Jalannya pertandingan

Milan mengawali laga dengan tidak mulus karena gawang mereka hampir bobol di dua menit pertama. Pada menit pertama Patrick Ciuria muncul dari belakang untuk menyontek bola umpan ke kotak penalti, tapi Ciprian Tatarusanu bisa menepisnya.

Selang semenit kemudian, Andrea Petagna mendapat ruang untuk menyundul bola di kotak penalti, lagi-lagi ditepis Ciprian Tatarusanu.

Monza yang tidak terkalahkan di tujuh pertandingan kandang terakhirnya benar-benar merepotkan Milan. Barulah tim tamu bisa keluar dari tekanan setelah 15 menit pertama berlalu.

Peluang hadir di menit ke-19 lewat Rafael Leao yang menembak dari situasi free kick, meski bola masih menghantam tiang.

Di menit ke-25, penjaga gawang Monza Michele De Gregorio membuat dua penyelamatan gemilang. Pertama dari tembakan Rafael Leao yang meneruskan umpan terobosan Junior Messias.

Bola rebound dengan cepat disambar Brahim Diaz meski bisa diadang De Gregorio.

Di Gregorio lagi-lagi menggagalkan kans Milan mencetak gol, kali ini di menit ke-31. Fikayo Tomori dalam posisi bebas di sisi kiri saat melepaskan sepakan voli dan bola ditepis Di Gregorio sambil melompat.

Gawang Di Gregorio bobol juga pada menit ke-31 lewat Junior Messias. Diawal kemelut di pertahanan Monza, Messias mampu mendapakan bola dan menembak ke pojok kanan gawang dari luar kotak penalti.

Junior Messias membuat gol dari luar kotak penalti Foto: Getty Images/Giuseppe Cottini

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Milan masih mengendalikan permainan. Tapi, Monza tidak menyerah untuk mengejar ketertinggalan dan hampir bikin gol di menit ke-52 andaikan Tatarusanu tak menangkap bola sepakan Petagna.

Theo Hernandez pada menit ke-57 nyaris menggandakan skor. Melihat kiper Monza keluar dari sarangnya, Theo langsung melambungkan bola menuju gawang tapi malah melebar.

Milan dalam tekanan di 20 menit akhir laga. Pada menit ke-73, Monza mendapat dua peluang beruntun lewat Ciurria yang menembak ke gawang tapi membentur tiang gawang. Bola memantul mengenai punggung Tatarusanu dan setelah itu melebar usai menerpa tiang.

Milan juga mendapat kans untuk memperbesar keunggulan di menit ke-85. Pertama dari Tonali yang bola tembakannya ditepis Di Gregorio, lalu bola rebound disambar Alexis Saelemaekers, namun bisa diadang lagi.

Skor 1-0 bertahan untuk kemenangan AC Milan.

Susunan pemain

Monza: Michele Di Gregorio; Armando Izzo, Pablo Mari, Marlon Santos (Christian Gytkjaer 71'); Samuele Birindelli (Franco Carboni 59'), Matteo Pessina, Nicolo Rovella (Stefano Sensi 70'), Patrick Ciurria; Dany Mota (Mattia Valoti 83'), Gianluca Caprari; Andrea Petagna (Jose Machin 59').

AC Milan: Ciprian Tatarusanu; Pierre Kalulu, Fikayo Tomori, Malick Thiaw; Junior Messias (Alexis Saelemaekers 83'), Sandro Tonali, Rade Krunic (Tiemoué Bakayoko 83'), Theo Hernandez; Brahim Diaz (Charles De Ketelaere 64'), Divock Origi (Olivier Giroud 64'), Rafael Leao (Ante Rebic 79').























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Monza Vs AC Milan: Messias Menangkan Rossoneri"