Hagia Sophia

19 February 2023

Tunjangan Kesehatan Pensiunan di China Dikurangi, Banyak Warga Protes

Ratusan pensiunan turun ke jalan di kota Wuhan dan Dalian di China untuk memprotes pemotongan tunjangan medis yang dilakukan pemerintah. Ilustrasi (Foto: AP Photo)

Ratusan pensiunan turun ke jalan di kota Wuhan dan Dalian di China untuk memprotes pemotongan tunjangan medis yang dilakukan pemerintah. Para lansia ini sudah melakukan protes sejak sepekan lalu menyusul aturan baru terkait transformasi kesehatan.

Diberitakan Reuters, para pensiunan ini memprotes aturan baru salah satunya terkait biaya tunjangan kesehatan pribadi yang turun dari 260 yuan (Rp 574 ribu) per bulan menjadi 83 yuan (Rp 183 ribu).

"Uang ini memang sangat sedikit, tetapi bagi orang tua itu adalah uang penyelamat hidup," kata warga Wuhan, Zhang Hai, yang tidak menghadiri protes tetapi mengatakan beberapa temannya melakukannya.

"Orang tidak makmur, jadi setiap sedikit uang sangat penting," lanjutnya.

Otoritas lokal di kedua kota tidak segera menanggapi permintaan komentar akan kejadian tersebut.

Beberapa warga Wuhan mengatakan bahwa mereka yakin polisi mengetahui tentang protes tersebut sebelumnya, karena pemberitahuan yang menyarankan orang untuk tidak hadir telah beredar di media sosial Weibo.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ratusan Pensiunan di China Demo, Protes Tunjangan Kesehatan Dikurangi"