Hagia Sophia

19 February 2023

Thor's Well, Keajaiban Alam yang Membingungkan

Misteri 'Sumur Thor', Keajaiban Alam Memukau Sekaligus Membingungkan. Foto: Atlas Obscura

Thor's Well atau Sumur Thor adalah salah satu keajaiban alam lautan yang membingungkan. Ia tampak seperti lubang runtuhan tak berdasar yang terlihat seolah-olah menguras lautan airnya.

Sebenarnya, Sumur Thor adalah sisa-sisa gua laut, yang 'diukir' oleh air dan langit-langitnya runtuh. Ditemukan di Cape Perpetua Scenic Area di sepanjang pantai Oregon, Amerika Serikat, Sumur Thor terlihat sangat berbeda tergantung waktu atau lebih tepatnya pasang surut.

Dikutip dari IFL Science, saat air pasang, air menutupi Sumur Thor sesaat sebelum terlihat mengalir melaluinya. Itulah sebabnya area ini disebut juga sebagai drainpipe of Pacific atau pipa pembuangan Pasifik.

Selama badai atau air berombak, isi Sumur Thor berbusa dan dapat menyembur keluar. Boleh dibilang ini waktu terbaik untuk memotret Sumur Thor sekaligus paling berbahaya karena siapa pun yang berada terlalu dekat berisiko tersedot ke dalamnya.

Sejauh ini, belum pernah ada laporan Sumur Thor merenggut nyawa. Meski demikian ada beberapa orang yang terluka karena arus kuat dan ombak kuat yang mengelilingi lubang menghempaskan mereka ke batu.

Ledakan dari dalam sumur bisa mencapai ketinggian hingga 6 meter. Saat air surut, Sumur Thor tidak terlalu menakutkan karena air yang mengalir di bawah mangkuknya terlihat menggelegak dengan tenang.

Adapun sebutannya yakni Sumur Thor, diambil dari sosok dalam Mitologi Norse. Thor yang dikenal bersenjatakan palu, dipakai untuk menjelaskan fenomena alam yang aneh ini. Konon, Thor membuat lubang di garis pantai Oregon dengan palunya.

Tak dapat dipungkiri, penjelasan berbalut mitos semacam ini memang lebih menarik ketimbang menjelaskan secara ilmiah bahwa area ini merupakan gua laut yang runtuh.

Terbuat dari basal yang sama yang melapisi garis pantai Oregon, Sumur Thor diperkirakan memiliki kedalaman 6 meter dan berada pada tingkat ledakan terbaiknya sekitar satu jam sebelum air pasang, karena mulai terisi dengan air laut yang mendesis.

Sumur Thor terbilang masih aman bagi pengunjung. Namun National Weather Service merekomendasikan tindakan pencegahan keselamatan seperti mengamati lautan selama 20 menit setelah tiba di suatu lokasi untuk mempelajari polanya terlebih dahulu.

Terlepas dari risikonya, Sumur Thor tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong dan fotografer yang ingin menyaksikan keajaiban alam yang memukau ini mengisi dan menyemburkan air.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Misteri Sumur Thor, Keajaiban Alam Memukau Sekaligus Membingungkan"