Hagia Sophia

19 February 2023

Liga Inggris: Aston Villa Nyerah dari Arsenal 2-4

Arsenal tertinggal dua kali sebelum berbalik mengalahkan Aston Villa 4-2 dalam lanjutan Liga Inggris. Foto: AP/Jon Super

Arsenal akhirnya kembali ke jalur kemenangan di Premier League. The Gunners bangkit setelah tertinggal dua kali untuk berbalik mengalahkan Aston Villa 4-2.

Duel Aston Villa vs Arsenal digelar di Villa Park pada Sabtu (18/2/2023) malam WIB. The Villans dua kali unggul lebih dulu berkat gol cepat Ollie Watkins dan Philippe Coutinho, yang hanya sekali dibalas tim tamu dari Bukayo Saka di babak pertama.

Kebangkitan Arsenal terjadi setelah turun minum. Dimulai setelah Oleksandr Zinchenko mencetak gol penyama, kemudian dua gol di injury time dari Emiliano Martinez [own goal] dan pemain pengganti Gabriel Martinelli memastikan kemenangan Meriam London.

Hasil ini menyudahi puasa kemenangan Arsenal setelah cuma meraih satu poin dalam tiga pertandingan sebelumnya. Selain itu ini adalah kemenangan superpenting dalam persaingan gelar melawan Manchester City.

Tiga poin dari kandang Aston Villa mengembalikan tim London Utara itu ke puncak klasemen Liga Inggris. Arsenal kini mengoleksi 54 poin, unggul tiga poin dari Man City di peringkat kedua. Aston Villa nangkring di urutan 11 usai mengumpulkan 28 poin.

Jalannya Pertandingan

Tim tuan rumah memulai dengan meyakinkan. Ollie Watkins membuka keunggulan Aston Villa 1-0 saat pertandingan baru berjalan delapan menit.

Matty Cash dengan cerdik melepaskan umpan lambung ke depan. Watkins menggiring bola menusuk kotak penalti sebelum menyelesaikan dengan tembakan mendatar akurat ke arah tiang jauh gawang Arsenal.

Pada menit ke-11, Tyrone Mings sukses menggagalkan potensi gol balasan Arsenal. Mings mencegat bola crossing dari sayap kanan yang seharusnya tinggal ditanduk Nketiah di depan gawang.

Gol balasan Arsenal akhirnya terlahir lima menit kemudian. Bukayo Saka menyamakan skor menjadi 1-1.

Penjagaan ketat terhadap Jorginho membuka celah untuk Ben White di sisi kanan. White lantas mengirim umpan silang, tapi bola berbelok arah lalu jatuh di jalur Saka. Pemain yang disebut terakhir menuntaskan dengan tendangan voli yang menaklukkan Emiliano Martinez.

GOL! Aston Villa kembali di depan. Coutinho menggetarkan gawang Arsenal untuk mengubah skor menjadi 2-1 di menit ke-32.

Sodoran Boubakar Kamara dari sayap kiri dilanjutkan Alex Moreno dengan mengecoh Ben White. Moreno mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti yang meneboros sela-sla kaki Buendia. Coutinho menerima bola dalam posisi bebas meneruskan dengan sepakan yang memperdaya Aaron Ramsdale.

Di masa injury time keributan kecil terjadi setelah terjangan Coutinho kepada Saka. Arsenal memperoleh tendangan bebas tapi bisa dengan mudah ditangkap Emi Martinez. Skor 2-1 untuk keunggulan Aston Villa menandai akhir babak pertama.

Usai restart, Arsenal menguasai bola. Arsenal nyaris mencetak gol keduanya setelah sundulan Nketiah menyambut umpan Ben White mengenai mistar gawang Aston Villa di menit ke-55.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu Arsenal akhirnya terlahir enam menit kemudian. Oleksandr Zinchenko menyeimbangkan permainan dalam kedudukan 2-2.

Bekerja sama dengan Saka, Martin Odegaard melepaskan umpan mendatar yang diterima Zinchenko. Dari luar kotak penalti, Zinchenko menyelesaikan dengan tendangan keras kaki kanan yang menembus pertahanan Aston Villa sebelum bersarang di sudut bawah gawang.

Arsenal melewatkan peluang untuk berbalik unggul di menit ke-63. Umpan Odegaard kepada Nketiah diteruskan dengan sepakan dari dalam kotak penalti. Namun, Emi Martinez menutup pergerakan Nketiah sehingga tembakannya cuma melambung.

Sebuah peluang emas Arsenal lainnya terbuang percuma. Di menit ke-77, Nketiah merebut bola di sisi kiri kotak penalti lalu mengirim umpan tarik kepada Odegaard. Sayang sekali meski berdiri tanpa kawalan, penyelesaian Odegaard masih melenceng tipis dari gawang Aston Villa. Skor masih 2-2.

Memasuki 10 menit terakhir, Aston Villa nyaris mencetak gol ketiga. Pemain pengganti Jacob Ramsey menyisir sayap kanan lalu menusuk kotak penalti sebelum melepaskan tembakan kaki kanan. Bola membentur mistar gawang Arsenal sebelum disapu.

Arsenal merespons dari tendangan bebas Odegard di sisi kanan. Bola meluncur ke tengah kotak penalti Aston Villa, disambut sundulan Gabriel Magalhaes meski masih melambung.

Dramatis! Arsenal berbalik mengungguli Aston Villa 3-2 di injury time. Jorginho meneruskan umpan silang dari sayap kiri dengan tembakan keras. Bola membentur mistar gawang Aston Villa lalu mengenai Emi Martinez sebelum bersarang di sudut bawah gawang.

Arsenal akhirnya memastikan kemenangannya di detik-detik terakhir. Bermula dari set-piece Aston Villa yang gagal, Arsenal melakukan serangan balik cepat yang membebaskan Gabriel Martinelli di depan. Martinelli menggiring bola lalu menceploskan ke gawang Villa yang kosong. Skor 4-2 untuk keunggulan Arsenal menandai kedudukan akhir permainan.

Susunan Pemain

ASTON VILLA: Emi Martinez, Alex Moreno (Digne 79'), Tyrone Mings, Konsa, Cash, Coutinho (Ramsey 62'), McGinn, Buendia (Bailey 67'), Kamara, Douglas Luiz (Dendocker 67'), Watkins (Duran 78')

ARSENAL: Ramsdale, Magalhaes, Ben White (Tomiyasu 79'), Saliba, Xhaka (Fabio Viera 79'), Jorginho, Zinchenko, Odegaard, Trossard (Martinelli 68'), Saka, Nketiah























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Aston Villa Vs Arsenal: Comeback Dramatis! The Gunners Menang 4-2"