Hagia Sophia

19 February 2023

Update COVID-19: 19 Februari 2023 Kasus COVID-19 Bertambah 113 dan 2 Meninggal

istimewa

Kasus Corona di Indonesia bertambah 113, jumlah pasien sembuh 174 dan meninggal 2 jiwa. Total kasus didapat dari pemeriksaan spesimen sebanyak 11.279 dan suspek 566.

Tren kasus terus menurun diyakini karena antibodi warga Indonesia relatif tinggi. Menurut hasil sero survei Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, total sudah ada lebih dari 90 persen warga yang memiliki kekebalan atau imunitas, baik dari infeksi alamiah maupun vaksinasi.

Namun, pakar tetap meminta masyarakat untuk segera menerima vaksinasi COVID-19 booster kedua jika sudah melewati enam bulan pasca disuntik. Terlebih, saat ini sudah kasus COVID-19 varian Kraken yang tersebar di DKI Jakarta hingga Kalimantan Timur.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengumumkan penambahan kasus baru COVID-19 varian Kraken. Subvarian Omicron ini diyakini memiliki karakteristik sangat mudah menular.

"Ada tiga pasien temuan DKI (varian) Kraken," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiolog dan Imunisasi Dinkes Provinsi DKI Jakarta dr Ngabila Salama kepada detikcom, Jumat (17/2/2022).

dr Ngabila merinci tiga kasus ini dengan dua di antaranya pasien domisili Jakarta dan satu lainnya domisili luar DKI. Pasien yang berdomisili di luar DKI adalah PPLN yang baru saja pulang dari perjalanan Umroh.

Ketiga pasien telah dilakukan tes PCR dan hasil genome sequencing (WGS) menunjukkan mereka positif varian Kraken.

"Kalau 2 lainnya bukan PPLN dan tidak ada riwayat perjalanan. PCR positif tanggal 23 Desember dan WGS positif Kraken 3 Februari, (pasien kedua) 20 Januari PCR positif lalu keluar WGS 6 Februari.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update COVID-19 RI 19 Februari: Tambah 113 Kasus Baru, Kasus Aktif 63"