Hagia Sophia

19 February 2023

Liga Inggris: Chelsea Kalah dari Southampton 0-1

Chelsea kalah 0-1 dari Southampton, usai dibobol James Ward-Prowse lewat gol tendangan bebas. (Foto: Craig Mercer/MB Media/Getty Images)

Chelsea kalah lagi di Liga Inggris. Kini dari juru kunci klasemen, Southampton, dengan skor 0-1.

Bertanding di Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu (18/2/2023), Chelsea dibuat tertekan sejak awal oleh Southampton, yang dipimpin manajer interim Ruben Selles, usai Nathan Jones dipecat.

Sejak babak pertama, Southampton bisa merepotkan Chelsea. Jelang turun minum, James Ward-Prowse bisa membobol tuan rumah dengan gol tendangan bebas. The Saints memimpin 1-0

Di babak kedua, Chelsea menekan Southampton untuk mengejar ketertinggalannya. Banyak peluang dihadirkan, namun

Hasil ini membuat Chelsea masih tertahan di papan tengah klasemen Liga Inggris, yakni di peringkat 10, dengan 31 poin. Sementara Southampton juga tak beranjak dari posisi 20, dengan kini mengoleksi 18 poin.

Jalannya Pertandingan

Di menit ketiga, Southampton langsung nyaris bikin gol ke gawang Chelsea. Berawal dari lemahnya koordinasi barisan belakang tuan rumah, Kamal-Deen Sulemana bisa memenangi bola saat duel dengan Kalidou Koulibaly, dan melepaskan tembakan yang bisa ditepis Kepa Arrizabalaga.

Bola muntahnya kemudian mendarat di kaki Stuart Armstrong, dan diteruskan ke gawang. Namun, masih ada bek Chelsea menghalaunya.

Di menit-menit awal, Southampton praktis merepotkan Chelsea. Bahkan, Koulibaly menelan kartu kuning untuk menghentikan Paul Onuachu.

Chelsea baru keluar dari tekanan selepas menit ke-10. Noni Madueke bisa melepaskan tendangan yang memaksa Gavin Bazunu membuat penyelamatan.

Meski bisa keluar dari tekanan, Chelsea tetap kesulitan membangun serangan. Minim kreativitas membuat lini depan Si Biru kurang menggigit.

Beberapa kali percobaan yang didapat Mateo Kovacic, Joao Felix, dan David Datro Fofana gagal membuahkan hasil. Situasi itu membuat Chelsea terlihat frustrasi.Sementara Southampton bisa beberapa kali menekan balik. Sampai akhirnya, gol bisa didapat.

Di injury time babak pertama, Southampton bisa menjebol Chelsea lewat bola mati. Berawal dari pelanggaran Cesar Azpilicueta ke Stuart Armstrong, James Ward-Prowse mengeksekusi tendangan bebas dengan apik, yakni mengirim bola langsung masuk ke gawang Kepa Arrizabalaga. Babak pertama ditutup dengan Chelsea tertinggal 0-1 dari Southampton.

Babak kedua berjalan, Chelsea coba menekan. Banyak peluang dihadirkan pasukan Graham Potter ke gawang Southampton.

Raheem Sterling, yang menggantikan David Datro Fofana, menjadi ancaman bagi lini belakang Southampton. Beberapa chances dihadirkan lewat kaki striker Inggris itu.

Salah satunya adalah peluang emas Sterling di menit ke-71. Memanfaatkan umpan Kai Havertz, tandukannya di mulut gawang masih bisa diblok Romain Perraud tepat di garis. Bola muntahnya bisa disambar Sterling, namun kembali diblok.

Laga sempat terhenti di menit ke-74, usai Cesar Azpilicueta cedera. Wajahnya tertendang Sekou Mara di kotak penalti, dan langsung ambruk. Petugas medis masuk, memberinya pertolongan pertama, sebelum membawanya dengan tandu keluar lapangan.

Laga kemudian dilanjutkan, namun Chelsea tetap kesulitan mencari gol. Skor akhirnya tak berubah, yakni Chelsea kalah 0-1 dari Southampton.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa Arrizabalaga, Cesar Azpilicueta (Trevoh Chalobah 84'), Benoit Badiashile, Kalidou Koulibaly (Wesley Fofana 46'), Ben Chilwell (Conor Gallagher 84'), Mateo Kovacic, Enzo Fernandez, Noni Madueke (Mykhailo Mudryk 64'), Joao Felix, Mason Mount (Kai Havertz 64'), David Datro Fofana (Raheem Sterling 46')

Southampton: Gavin Bazunu, Romain Perraud, Armel Bella-Kotchap, Jan Bednarek, Ainsley Maitland-Niles (Lyanco 90'), Stuart Armstrong (Theo Walcott 59'), Mohamed Elyounoussi (Carlos Jonas Alcaraz 87'), Romeo Lavia (Ibrahima Diallo 87'), James Ward-Prowse, Paul Onuachu (Sekou Mara 59'), Kamaldeen Sulemana (Adam Armstrong 59')























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Chelsea Vs Southampton: The Blues Keok 0-1"