Hagia Sophia

14 November 2022

Melly Goeslaw Jadi Lebih Lancar Berhenti Merokok Usai Operasi Bariatrik

Melly Goeslaw. (Foto: Rifkianto Nugroho)

Penyanyi Melly Goeslaw sukses memangkas berat badan sebanyak 23 kilogram dalam waktu empat bulan. Demi mendukung dietnya, Melly menjalani operasi bariatrik di salah satu rumah sakit di daerah Jakarta Selatan.

Melly menjelaskan, operasi bariatrik ia lakukan untuk memulihkan kondisi kesehatannya yang sempat obesitas. Pasca melakukan operasi bariatrik, Melly merasakan hidupnya jauh lebih baik.

"Jadi aku dikasih hidup, jadi aku beruntung sekali punya suami yang membuatku bahagia, terus anak-anak juga baik, aku jg punya karir yang bagus, jadi aku pengin bikin ending hidupku juga nggak konyol," tutur Melly saat ditanyai alasannya melakukan operasi bariatrik.

Sebelumnya, istri Anto Hoed ini juga sudah melakukan berbagai pola diet untuk menurunkan berat badannya namun gagal. Olahraga yang ia lakukan juga tak lantas membuat berat badannya turun.

Melihat tak ada perubahan, Melly akhirnya memutuskan operasi bariatrik. Bedah yang dilakukan Melly Goeslaw adalah bariatrik sleeve gastrectomy yaitu tindakan pemotongan lambung kurang lebih sebanyak 85 persen sehingga ukuran lambung menjadi lebih kecil. Dengan begitu, asupan makanannya menjadi lebih sedikit dibandingkan sebelum operasi.

"Kemarin itu ketika aku diet, olahraga juga pernah salah sampai kecetit krn mgkn masih gemuk kan ya, jadi yang aku lakukan salah terus," paparnya.

Tidak hanya berat badannya yang menurun, pola hidup yang dijalani Melly Goeslaw pun berubah 180 derajat usai operasi bariatrik. Prosedur ini membuatnya bisa terlepas dari kebiasaan merokok.

"Aku nggak menyangka, banyak hal baru yang bagus ketika memutuskan bariatrik pengin langsing. Aku bisa berhenti ngerokok, nggak begadang. Jam 22.00 udah ngantuk, aku nggak pernah bayangkan sebelumnya," kenang Melly.

Pelantun 'Bunda' itu juga mengatakan setelah operasi bariatrik, dia selalu mual saat melihat rokok. Hal itu juga memicunya memberhentikan kebiasaan buruknya itu.

"Kalau bikin lagu kan enaknya sambil ngerokok. Sekarang nggak tau ya, mual aja nggak tertarik. Padahal pas di rumah sakit aku udah cita-cita habis operasi mau ngerokok, nggak taunya pas lihat bungkusnya eneg, katanya sih perubahan hormon," bebernya.

Operasi bariatrik juga membuat kadar gula darahnya lebih bisa terkontrol. Kadar gula darahnya sempat 250 kini menurun menjadi 99.

Selain itu asupan makannya juga menurun drastis. Ibu beranak dua ini jadi sangat membatasi makanannya dan tidak lagi jajan berlebihan usai operasi bariatrik.

"Sekarang karena asupannya nggak bisa banyak, lambungnya kecil, jadi tersortir. jadi yang dulunya semua jajanan aku beli, sekarang dibeli tapi mikir, kalau masukin ini yang ini nggak bisa," pungkas Melly.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Operasi Bariatrik Bikin Melly Goeslaw Lebih Lancar Stop Merokok, Ini Alasannya"